4 Terdakwa Kasus Korupsi Lahan Kuburan Minta Keringanan

Suasana sidang korupsi lahan TPU
Palembang, Sumselupdate.com – Empat terdakwa kasus korupsi lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kabupaten OKU sama-sama minta keringanan hukuman dengan majelis hakim yang disampaikan dalam nota pembelaan, Kamis (25/8).
Nota pembelaan disampaikan secara masing-masing oleh keempat terdakwa yakni, Umirtom (mantan Sekda OKU), Akhmad Junaidi (mantan asisten I), Najamudin (mantan Kadinsos OKU) dan Hidirman (mantan PNS sekaligus pemilik lahan TPU).
Serta masing-masing penasihat hukum terdakwa dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Klas IA Khusus pada PN Palembang.
Salah satu alasan yang disebutkan terdakwa karena masih banyak pihak lain yang dinilai terlibat dalam kasus ini, namun sampai sekarang masih bebas. Ada fakta yang belum terkuak selama sidang ini digelar.
Hal tersebut diketahui dari ucapan Junaidi dan Najamudin. Saat membacakan pembelaan yang mereka buat sendiri, keduanya mengatakan menerima uang yang diberikan Johan Anwar melalui seorang perantara utusan Johan.
Namun, uang tersebut sudah mereka bayarkan kembali kepada Johan karena Wakil Bupati OKU tersebut minta dana untuk pengurusan tanah TPU.
 “Saya ada menerima uang Rp50 juta dari Johan dan sudah saya berikan kembali setelah dirinya minta dana untuk lahan TPU. Uang tersebut saya berikan melalui Najamudin,” kata Junaidi.
Hal yang sama dikatakan Najamudin. Dirinya menerima uang Rp100 juta. Sementara, Hidirman mengatakan Najamudin menerima Rp200 juta. Uang Rp100 juta itu juga sudah dibayarkan kepada Johan karena Johan minta bantuan pada dirinya untuk mengurus lahan TPU.
“Sebab itu, saya mohon kepada majelis supaya memberikan vonis seringan-ringannya,” kata Najamudin.
Sedangkan Umirtom membuat pengakuan bahwa dirinya sama sekali tidak menerima uang. Serta merasa dijebak dengan adanya proyek pengadaan TPU. Karena sama sekali tidak pernah ikut serta proyek ini, namun hanya sebatas mengetahui.
Setelah mendengarkan pembelaan, majelis hakim yang diketuai Saiman menunda sidang dan mempersilakan Dani selaku salah satu JPU untuk memberikan tanggapan pada persidangan selanjutnya. (pto)
Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.