Dampak Teror Virus Corona, Pendatang dari China Dilarang Masuk dan Transit ke Indonesia

Minggu, 2 Februari 2020
Menteri Luar Negerti Retno Marsudi didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menkum HAM Yasonna Laoly melakukan jumpa pers terkait hasil rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo menyikapi teror virus corona. (Andhika Prasetia/detikcom)

Jakarta, Sumselupdate.com – Menteri Luar Negerti Retno Marsudi menegaskan semua pendatang yang dari daratan China dan sudah berada di sana selama 14 hari tak diizinkan ke Indonesia.

Demikian dikatakan Retno dalam jumpa pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/2/2020).

“Semua pendatang yang tiba dari Mainland China dan sudah berada di sana selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia,” ujar Retno.

Selain itu, Retno juga mengatakan, seluruh penerbangan langsung dari dan ke China akan ditunda. Penundaan dilakukan sementara waktu.

Advertisements

“Penerbangan langsung dari dan ke mainland RRT ditunda untuk sementara,” kata Retno usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/2/2020).

Retno menyampaikan pernyataan tersebut dengan didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menkum HAM Yasonna Laoly. Penerbangan dari dan ke China akan ditunda sementara mulai Rabu (5/2). “Mulai hari Rabu pukul 00.00,” ujar Retno.

Tak hanya itu, pemerintah juga menghentikan sementara kebijakan bebas visa untuk warga negara China. Kebijakan itu berlaku bagi WN China yang bertempat tinggal di China.

“Kebijakan pemberian bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di Mainland China (China daratan -red) untuk sementara dihentikan,” kata Menlu Retno LP Marsudi.

Sebelumnya, pemerintah sudah mengevakuasi 238 WNI dari Wuhan, China akibat teror virus corona. Saat ini, mereka sudah dibawa ke Natuna untuk diobservasi selama kurang lebih dua minggu. (dtc)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.