Curah Hujan Tinggi, Pemkab OKU Timur Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Apel kesiapsiagaan bencana, di halaman Mapolres OKU Timur, Senin (9/11/2020).

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) curah hujan meningkat terjadi pada bulan November dan Desember 2020 sampai Januari 2021, di beberapa wilayah di Indonesia khususnya Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan.

Bacaan Lainnya

Hal ini perlu penanganan segera dari pemerintah daerah, TNI maupun Polri beserta stake holder, untuk bersinergi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Demikian amanat Bupati OKU Timur HM Kholid MD yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umum Aminzen saat menjadi Inspektur apel kesiapsiagaan bencana di halaman Mapolres OKU Timur, Senin (9/11/2020).

Menurut Bupati OKU Timur, pelaksanaan apel ini bertujuan  menyamakan langkah serta menyatukan tekad untuk saling bahu membahu dalam menanggulangi bencana alam.

Di mana bencana bisa saja terjadi kapan pun dan dimanapun meliputi banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan lain sebagainya.

Apel siaga bencana alam.

“Untuk itu Pemkab OKU Timur dibantu stake holder, harus mampu memberdayakan kekuatan personel dan peralatan penanggulangan bencana alam. Sehingga dapat digerakkan pada situasi apapun dan mampu memberikan yang terbaik dalam penanggulangan bencana alam khususnya di wilayah OKU Timur,” katanya.

Dikatakannya, dalam menghadapi musim penghujan saat ini yang rawan bencana alam, pemerintah daerah beserta instansi terkait menyiapkan perlengkapan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam.

Meliputi tabung pemadam air ringan sebanyak lima buah, perahu karet dua unit, jas hujan 48 buah, toa lima buah, chainshaw (mesin pemotong kayu) dua unit, police line lima buah.

Kemudian, pelampung, helm sepuluh buah, kantong jenazah 16 buah, tandu satu buah, gas oksigen satu buah, tenda pleton delapan unit, valbed sepuluh buah, pemadam api sembilan buah, dan mobil ambulance satu unit untuk pos terpadu berada di kantor BPBD Kabupaten OKU Timur.

“Langkah cepat yang kita ambil ini semoga menjadikan ladang amal dan keikhlasan kita dalam pelaksanaan tugas. Peran serta pemerintah daerah juga tidak terlepas dari sinergitas yang telah kita bangun bersama selama ini dalam komitmen bergerak cepat, bertindak tepat, terarah, terpadu, tangguh dan profesional. Serta kebhinekaan, di mana kebersamaan menjadi hal yang mutlak dalam menyelesaikan permasalahan,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.