[Cek Fakta] Salah Video ‘Jakarta Sengaja Dibikin Banjir Biar Pindah Ibukota’

Penulis: - Rabu, 13 Maret 2024
Beredar video yang diunggah akun Instagram @beritakita_id yang memperlihatkan situasi banjir di area parkir dengan puluhan motor terendam, ternyata hoaks.

Palembang, Sumselupdate.com – Beredar video yang diunggah akun Instagram @beritakita_id yang memperlihatkan situasi banjir di area parkir dengan puluhan motor terendam.

Dalam video tersebut disematkan bahwa Jakarta sengaja dibikin banjir agar punya alasan kuat untuk pindah Ibukota.

“Jakarta Sengaja Dibikin Banjir Agar Punya Alasan Kuat Untuk Pindah IBU KOTA ‘Kan Kasihan Penduduknya,”dalam narasi unggahan @beritakita_id, yang diunggah pada Jumat (8/3/2024).

Namun klaim tersebut salah, faktanya video tersebut berada di area pabrik sepatu dan sendal di Desa Sidaresmi, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, seperti yang dijelaskan oleh Instagram @mksinfo.official yang juga mengunggah video yang sama.

Dilansir dari Kompas.com, banjir telah merendam sebagian besar area pabrik termasuk kawasan parkir pegawai.

Camat Pabedilan menjelaskan bahwa banjir disebabkan oleh debit air di Sungai Cisanggarung yang meningkat drastis setelah hujan deras berkepanjangan.

Dengan demikian, video banjir di Jakarta yang dibuat dengan sengaja adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan. (**)

Sumber:

https://turnbackhoax.id/2024/03/13/salah-video-jakarta-sengaja-dibikin-banjir-agar-punya-alasan-pindah-ibu-kota/

https://www.instagram.com/reel/C4McmwJytoY/?igsh=bGowbWR5M3o1aGhp

https://www.instagram.com/reel/C4MiBIPP5su/?utm_source=ig_web_copy_link

https://bandung.kompas.com/read/2024/03/06/170300378/motor-para-pegawai-pabrik-di-cirebon-terendam-banjir-hanya-terlihat

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.