Cegah ‘Stunting’, Pemkab Muaraenim Minta Warga Aktif

Sosialisasi Stunting bagi Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Paguyuban Orangtua di Kabupaten Muaraenim.

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Pemerintah Kabupaten Muaraenim, meminta dukungan masyarakat di dalam pencegahan dan penanganan stunting di Bumi Serasan Sekundang.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Maryana saat membuka Sosialisasi Stunting bagi Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Paguyuban Orangtua di Kabupaten Muaraenim tahun 2021, di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Selasa (29/03/2021).

Dalam sambutannya Asisten III menjelaskan, stunting merupakan salah satu program gizi masyarakat dimana kekurangan asupan gizi yang kronis (1.000 hari pertama kehidupan) untuk pencegahan dan penanggulangan stunting harus dilakukan bersama-sama antara program dan lintas sektoral.

“Tak ada satupun penelitian yang menyatakan bahwa, keturunan memegang faktor yang lebih penting daripada gizi dalam hal pertama fisik anak hal ini bisa menangkal persepsi masyarakat yang pada umumnya menganggap pertumbuhan fisik dan faktor keturunan,” ungkapnya.

Lanjutnya, dari permasalahan itu, dalam pencegahan dan penanganan stunting, perlu adanya dukungan dan partisipasi masyarakat yang disesuaikan dengan permasalahan yang terjadi di masing-masing Kecamatan, katanya melanjutkan.

“Sehubungan dengan ini semua kita mengharapkan agar sepulang dari sini para peserta dapat melaksanakan berbagai program seperti yang akan didapatkan dalam materi berapa hari kedepan sehingga dapat terjadi siklus pola hidup yang sehat di desa masing-masing yang berujung pada penurunan angka stunting di Kabupaten Muaraenim,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Non Formal Sri Hidayati yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaraenim dalam laporannya menjelaskan, kegiatan yang diikuti 600 orang peserta (dengan menerapkan protokol kesehatan) dalam tiga angkatan yang terdiri dari Kepala Satuan PAUD dan Ketua Paguyuban Orangtua Murid di Kabupaten Muaraenim.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pesan terkait pola asuh orangtua pengasuhan pendidikan gizi dan kesehatan kepada orangtua anak usia dini di satuan PAUD masing-masing dengan Narasumber dari Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen Jakarta, BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sumatera Selatan, Dinas PPKB Kabupaten Muara Enim dan Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim,” ungkapnya.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini dalam rangka penurunan angka stunting di Kabupaten Muaraenim. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.