Cara Babinsa Desa Alai Induk, Bantu Warga Tingkatkan Keamanan Selama Ramadhan

Pembentukan Siskamling di kantor Kades Alai Induk.

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Tak sampai satu pekan lagi, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Menyambut bulan suci ini, Babinsa Desa Alai Induk Koramil 404-01 Gelumbang, Kecamatan Lembak, Muaraenim, bersama warga membentuk Sistem keamanan lingkungan (Siskamling) atau ronda supaya warga bisa ibadah warga lebih khusuk.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam pembentukan Siskamling di kantor Kades Alai Induk, Kamis (08/04/2021), Kades Alai Induk Ira Nanang, Ketua BPD, seluruh Kadus, perangkat desa, Linmas, dan Babinsa setempat.

Dandim 0404 Muaraenim Letkol Inf Erwin Iswari melalui Danramil 404-01 Gelumbang Kapten Mardin mengatakan, dalam giat pembentukan Siskamling disepakati dibentuknya Siskamling dengan jadwal bergiliran melakukan penjagaan.

“Hasil yang di sepakati di antaranya setiap Kadus memiliki anggota sebanyak enam orang saat melakukan jaga malam, dan minimal satu Kadus satu Poskamling,” ungkapnya, Kamis (08/04/2021) pada media ini.

Sebelum melakukan penjagaan atau ronda ini, hendaknya Pemdes Alai Induk memberitahu dan meminta izin ke Polsek Lembak terlebih dahulu.

“Namun sebelum memulai ronda ini untuk minta surat izin dari Polsek Lembak terlebih dahulu. Karena apabila anggota jaga ronda atau Siskamlimg pada saat jaga mengalami kecelakaan seperti terluka/kecelakaan akan di tanggung oleh Pemdes menggunakan dana desa,” terangnya.

Ditegaskannya juga, agar anggota Siskamling tidak membawa sajam dan main hakim sendiri jika terdapat kejadian di Desa Alai.

“Kami tegaskan anggota ronda atau Siskamling nantinya tidak boleh bawa sajam dan senpi. Dan apabila maling ketangkap oleh yang jaga ronda akan di serahkan ke Polsek Lembak melalui Babinkamtibmas tanpa main hakim sendiri,”tegasnya.

Sementara itu warga Desa Alai Induk, melalui kadesnya Ira Nanang, menyambut baik kegiatan ini dan berterima kasih kepada Babinsa Alai Induk yang telah membantu pihaknya didalam membentuk Siskamling ini.

“Atas nama warga desa alai induk kami berterima kasih kepada Babinsa Koramil 404-01 Muara Enim dan warga juga sangat mendukung giat siskamling ini,”pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.