BPS Bakal Rekrut 300 Ribu Tenaga Sensus

Selasa, 26 Januari 2016
Sensus Ekonomi 2016

Jakarta, sumselupdate.com – Menghadapi pelaksanaan sensus ekonomi 2016, Badan Pusat Statistik (BPS) akan merekrut tenaga mitra. Jumlah tenaga yang dibutuhkan cukup besar, mencapai 300 ribu orang.

“Sekitar 300 ribu orang, merupakan tambahan lapangan kerja paruh waktu,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo yang dikutip tempo.co, Senin (25/1/ 2016). Sasmito menjelaskan, rekrutmen dan seleksi petugas sensus itu dilakukan oleh masing-masing BPS kabupaten dan kota.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sensus ekonomi merupakan program prioritas BPS pada 2016. Langkah-langkah persiapan terkait pelaksanaan sensus ekonomi ini sudah dimulai sejak 2014. Sementara pada bulan ini (Januari), BPS akan melaksanakan lokakarya atau workshop untuk instruktur utama. “Mereka mengajar instruktur nasional sensus ekonomi pada Februari,” ujarnya.

Sasmito menambahkan, instruktur sensus yang mengikuti workshop nasional kemudian mengajar instruktur daerah pada Maret mendatang. Sedangkan pada April, para instruktur daerah bakal mengajar 300 ribu petugas lapangan dan pengawas lapangan. Sensus ekonomi dimulai pada Mei 2016. Dia pun berharap responden bisa bekerja sama dengan petugas mitra BPS di lapangan.

Seperti telah diketahui bahwa Sensus Ekonomi (SE) merupakan salah satu amanah BPS seperti yang tertera dalam Undang-undang Statistik Nomor 16 Tahun 1997. Sejauh ini sensus ekonomi telah dilaksanakan empat kali yaitu tahun 1976, 1986, 1996, 2006, dan akan dilaksanakan kembali tahun 2016. (shn)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.