BMKG Memprediksi Bulan Juni Sumsel Akan Memasuki Kemarau

Jumat, 29 April 2016
Kasi Informasi dan Observasi BMKG Sumsel Agus santosa

Palembang, Sumselupdate.com – Puncak musim hujan di Sumatera Selatan diprediksi akan berakhir pada akhir bulan Mei 2016. Hal itu diketahui dari hasil melihat suhu laut wilayah Indonesia secara umum. Selanjutnya diperkirakan pada awal juni 2016, wilayah Sumsel akan masuk musim kemarau.

Berdasarkan data dari hasil pemantauan pihak BMKG, maka diprediksi bulan Juni curah hujan sudah normal dan cenderung memasuki musim kemarau, kecuali Kabupaten Musi Banyuasin bagian barat. Begitu selanjutnya di bulan juli curah hujan juga sudah normal.

Bacaan Lainnya

Kasi informasi dan observasi BMKG Agus Santosa, Jumat (29/4) mengatakan, wilayah Sumatera Selatan masih akan berpotensi hujan hingga akhir bulan Mei, lalu selanjutnya diprediksi bulan Jjuni akan masuk musim kemarau.

“Dari hasil pantauan diprediksi wilayah Sumatera Selatan akan memasuki musim kemarau pada awal Juni, namun saat itu masih ada juga potensi hujan,” katanya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan sudah melakukan persiapan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta membuka posko-posko darurat akibat kebakaran hutan di kantor BPBD lebih awal.

Kepala BPBD Sumsel H Yulizar Dinoto didampingi Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Tri Winarno menjelaskan, pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Kahutla) sesuai dengan SK Gubernur Sumsel.

“Kami membuka posko–posko lebih awal untuk mencegah apabila terjadi kebakaran di beberapa daerah di Sumsel. Sebagai langkah pencegahan Kahurla, setiap hari pihaknya memantau hutan serta lahan dan dibantu personel TNI yang dipimpin langsung Danrem 044/ Garuda Dempo,” pungkasnya. (adi)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.