BGP Indonesia Sosialisasi Survei Seismik 2D Lembak di Kecamatan Gelumbang

BGP Indonesia Sosialisasi Survei Seismik 2D Lembak di Kecamatan Gelumbang

Laporan Syahrial Hadi

Muaraenim, Sumselupdate.com — Camat Gelumbang H. Restu JK, S.Sos M.Si, membuka resmi kegiatan Sosialisasi Survei Seismik 2D PT. BGP Indonesia di Kecamatan Gelumbang, Jumat (7/1/2022).

Read More

Sosialisasi yang bertempat di ruang pertemuan Kantor Camat Gelumbang dihadiri langsung oleh Camat Gelumbang H. Restu JK S.Sos M.Si, beserta Kapolsek Gelumbang AKP Morris Widhi Harto SIK, Danramil 404-01/Gelumbang Kapten Arh Mardin SE, Humas PT BGP Indonesia, Pasti Barus beserta tim, Kepala Desa Karang Endah Selatan, Sorian Pasmala Jaya S.TP, Kepala Desa Gaung Telang, Sazili, Kepala Desa Karang Endah, Sarpendi S.Pd, Sekdes, BPD, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Camat Gelumbang H. Restu JK, mengapresiasi kepada PT. BGP Indonesia, karena telah melaksanakan Sosialisasi Survei Seismik di Kecamatan Gelumbang.

BGP Indonesia Sosialisasi Survei Seismik 2D Lembak di Kecamatan Gelumbang

“Mudah-mudahan ini dapat kita terima dengan baik, dan kami Kecamatan Gelumbang mendukung, karena ini tentunya pasti akan membawa dampak yang cukup besar, baik itu di sisi Pemerintahnya, terutama Pemerintah Kabupaten Muaraenim, dan masyarakatnya, khususnya di Kecamatan Gelumbang,” kata Restu.

Selanjutnya Restu, berharap kepada Kades dan Perangkatnya dan BPD, agar dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik.

“Karena nantinya dapat memberi pemahaman, penjelasan, yang baik kepada masyarakat sehingga tidak menimbulkan gesekan emosional, perdebatan, apalagi sampai kepada pertengkaran yang tidak menemukan kesepakatan, dan juga nantinya PT BGP Indonesia akan adakan sosialisasi di tingkat Desa,” tukasnya

Humas PT BGP Indonesia, Pasti Barus, menjelaskan secara Administrasi, Area 2D Lembak, meliputi 1 Kabupaten, yaitu Kabupaten Muaraenim, 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Lembak dan Gelumbang, dan 4 Desa, yaitu Desa Lembak dan Lubuk Enau Kecamatan Lembak, Desa Karang Endah Selatan dan Gaung Telang Kecamatan Gelumbang.

“Jadi ada dua desa yang akan menjadi lintasan Survei Seismik 2D di Kecamatan Gelumbang yaitu Desa Karang Endah Selatan dan Desa Gaung Telang,” urainya.

Barus, juga menjelaskan tujuan seismik ini yaitu mencari dan membuktikan ada tidaknya kandungan minyak/gas bumi serta untuk mengembangkan lapangan minyak/gas bumi yang sudah ada.

Sambung Barus, nantinya tanah warga serta tanam tumbuh yang terkena lintasan survei seismik, akan ada ganti ruginya, serta tanah warga yang terkena tempat pengeboran juga ada uang gantinya, dan bukan itu saja rumah warga yang terkena dampak karena getaran saat pengeboran juga akan di ganti ruginya, nanti akan ada Tim yang akan memeriksa serta berapa jumlah yang akan diganti.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.