Belum ditemukan Kasus Campak Rubella di OKU

Baturaja, Sumselupdate.com – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Husni Thamrin mengakui sepanjang 2018 tidak ada kasus penyakit campak rubella yang diderita oleh masyarakat di wilayah itu.

“Hingga saat ini tercatat belum ada kasus penyakit campak rubella,” kata Husni Thamrin didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes OKU, Andi Prapto, Senin (23/7/2018).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium Dinkes OKU belum ditemukan adanya kasus campak rubella tersebar di wilayah itu. “Kasus campak rubella di OKU nihil,” kata dia.

Hanya saja kata dia, rubella dan campak klinis ada ditemukan namun dalam jumlah yang tidak banyak yaitu sebanyak lima kasus. “Rubella non kasus campak klinis sejak Januari 2018 hingga bulan ini ada lima kasus,” katanya.

Dia mengemukakan, untuk mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut pihaknya akan memberikan imunisasi vaksin Measles Rubella (MR) kepada anak usia sembilan bulan hingga 15 tahun di wilayah itu.

“Pemeberian vaksin MR program pemerintah ini dilaksanakan serentak pada Agustus-September 2018 dengan target imunisasi anak usia mulai dari sembilan bulan hingga 15 tahun,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pemberian vaksin secara gratis ini dilakukan dalam dua tahap yaitu pada Agustus 2018 khusus untuk siswa sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK dan Sekolah Dasar (SD) sederajat serta SMP sederajat di wilayah itu. “Sedangkan tahap kedua menyasar pada anak usia sesuai kriteria di luar sekolah,” jelasnya. (wid)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.