Bawaslu Muratara Sebut 13 Laporan Pelanggaran Pilkada Sudah Diproses

Ketua Bawaslu Muratara Munawir

Laporan : Marwan Ashari

Muratara, Sumselupdate.com – Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara, Munawir, menjelaskan berdasarkan catatan Bawaslu Kabupaten Muratara ada 13 laporan diduga pelanggaran Pemilukada.

Bacaan Lainnya

“Sampai Senin (16/11/2020) ada 13 laporan yang masuk ke Bawaslu. Semuanya sudah selesai diproses. Dan semuanya sudah ditangani sesuai dengan mekanisme serta kajian-kajian yang ada,” ucap Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara, Munawir kepada awak media Senin (16/11/20) .

Dikatakannya, laporan-laporan yang masuk ke Bawaslu Muratara sudah dilaporkan ke Bawaslu Propinsi dan Bawaslu RI.

Di mana seperti pelanggaran administratif maupun pelanggaran yang memiliki sanksi pidana, semuanya telah diselesaikan oleh pihaknya.

“Seperti  pelanggaran administrasi, kita gunakan  Perbawaslu Nomor 8. Sementara itu  untuk laporan pelanggaran pidana pemilu kita melalui Gakkumdu, secara bersama kita akan melakukan pembahasan tentang itu,” ujarnya.

Ditanya terkait tingkat kesulitan dalam penyelesaian laporan pelanggaran, Munawir menegaskan  sesulit apapun itu Bawaslu akan tetap serius menanggapi dan menyelesaikan hal itu. Supaya tidak ada diskriminasi.

“Saya   menghimbau kepada seluruh jajarannya baik Panwaslu maupun tingkat Desa, agar setiap laporan yang masuk harus direspon secepat mungkin dan jangan sampai berlarut-larut,” pintanya.

Sebab  dalam penyelesaian dari setiap pengaduan atau laporan di pilkada tahun 2020 ini, Bawaslu hanya memiliki waktu singkat sekali selama 5 hari.

“Dari 13 laporan itu jenisnya ada pelangaran kode etik, laporan masyarakat dan termasuk juga temuan dari pihak Bawaslu sendiri,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.