Bawa 300 Pil Ekstasi, Lima Pelaku Dituntut 11 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

Lima terdakwa kurir 300 butir pil ekstasi menjalani sidang tuntutan yang berlangsung secara teleconference (virtual) di Pengadilan Negeri (PN) Kls 1 A Khusus Palembang, Senin (27/7/2020).

Palembang, Sumselupdate.com-Jaksa Penuntut Umum (JPU) M Fajar Prawitama, menuntut lima terdakwa kurir 300 butir pil ekstasi dengan 11 tahun penjara denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan. Dalam persidangan yang berlangsung secara teleconference (virtual) di Pengadilan Negeri (PN) Kls 1 A Khusus Palembang.

Kelima terdakwa tersebut, yakni Nita Apriyani, Herianto, Saidi, Muhammad Fajri dan Febriansyah. Mereka ditangkap satu per satu dengan jangka waktu satu minggu di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan 14 Ulu pada bulan Februari lalu.

Mendengar dari tuntutan JPU, Rio penasehat hukum lima terdakwa meminta kepada majelis hakim yang diketuai Bongbongan Silaban, untuk memberikan waktu satu minggu atas tuntutan yang diberikan oleh JPU tersebut.

Atas permintaan penasehat hukum, hakim ketua Bongbongan Silaban, menunda persidangan dan memberikan waktu tambahan atas permintaan dari penasehat hukum tersebut.

Seusai persidangan, penasehat hukum kelima terdakwa, Rio menyatakan, tuntutan yang diberikan oleh JPU tidak sesuai.

“Hari ini dibuat tuntutan secara tertulis dan setelah kita dengarkan tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Karena mereka ini ‘kan statusnya hanya pengantar sehingga hukuman yang diberikan tersebut terlalu tinggi,” ujar Rio.

Untuk diketahui, dalam dakwaan sebelumnya bahwa kelima terdakwa tersebut, ditangkap oleh tim Ditresnarkoba Polda Sumsel.

Mengetahui kelima terdakwa kerap menjadi pengedar narkoba, petugas pun membuat strategi untuk menangkap keenam pelaku tersebut dengan cara melakukan penyamaran sebagai pembeli.

Pada tanggal 26 Februari 2020, akhirnya dua polisi yang menyamar bertemu dengan terdakwa Nita untuk membeli barang haram tersebut. Setibanya di sana pelaku langsung ditangkap dan tim langsung melakukan pengembangan.

Sehingga 5 dari 6 pelaku akhirnya berhasil diamankan dengan barang bukti berupa tanaman jenis pil ekstasi sebanyak 330 butir dan dipisah menjadi dua bungkus plastik dengan berat 101 gram.

Dengan total kerugian negara mencapai Rp 300 miliar. Akibat perbuatannya, kelima terdakwa tersebut dikenai pasal 114 ayat 2 Jo Pasal 132 tahun 2009 UU narkotika.(Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.