Awas, Ancaman La Nina Dua Bulan Kedepan

Apel kesiapsiagaan bencana di halaman Kantor Bupati OKI, yang diikuti personel gabungan yang terdiri dari jajaran Pemkab OKI, TNI, Polri, Basarnas, BNPB dan PMI, Senin (9/11/2020).

Laporan : Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com – Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI), mengimbau warganya untuk meningkatkan kewaspadaan dari ancaman La Nina yang bisa menyebabkan curah hujan 40 persen lebih tinggi dari biasanya.

Bacaan Lainnya

Hal itu terungkap saat  apel kesiapsiagaan bencana di halaman Kantor Bupati OKI, yang diikuti personel gabungan yang terdiri dari jajaran Pemkab OKI, TNI, Polri, Basarnas, BNPB dan PMI, Senin (9/11/2020).

Wakil Bupati OKI H. M. Dja’far Shodiq dalam kesempatan ini mengimbau, masyarakat untuk waspada akan dampak curah hujan yang tinggi dan diprediksi akan mencapai puncaknya pada akhir November – Desember 2020.

“Bencana alam bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, tidak ada yang tahu kapan akan terjadi. Maka perlu kita antisipasi lebih awal,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya perlu membangun kesadaran bersama untuk mitigasi bencana, meskipun dalam dua terakhir jumlah kasus bencana di OKI mengalami penurunan.

“Peningkatan pemahaman akan risiko bencana merupakan langkah dini untuk melatih kesiapsiagaan menghadapi situasi bencana. Selain itu, kerjasama yang solid diperlukan dalam mengantisipasi segala kemungkinan bencana di OKI,” tambahnya.

Selanjutnya, Shodiq berserta rombongan menyaksikan simulasi penyelamatan korban tenggelam yang dievakuasi menggunakan perahu karet, yang kemudian mendapatkan pertolongan pertama dari tim medis, hingga dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.