Atasi Masalah Sampah, Pemerintah Desa Air Itam Berencana Bangun TPA

Tumpukan sampah di pinggir jalan Desa Air Itam Timur.

PALI, Sumselupdate.com – Permasalahan sampah yang makin hari semakin menggunung di pinggir jalan ujung Desa Air Itam, Kecamatan Penukal, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, (PALI) disikapi pemerintah desa setempat dengan berencana membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Pasalnya, selama ini desa yang cukup luas dengan jumlah penduduk semakin bertambah sehingga membuat warga mengalami kesulitan dalam membuang sampah karena belum adanya TPS atau TPA di desa ini.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Air Itam Timur Ferry mengatakan, bahwa dalam wilayah desanya terdapat beberapa titik tumpukan sampah yang berada dipinggir jalan raya, yang tentunya mengganggu keindahan lingkungan serta mengeluarkan bau tak sedap.

“Tahun ini, dana desa yang diterima desa kami bakal difokuskan untuk pembuatan TPA. Masalah lahan telah tersedia berasal dari hibah masyarakat dan jarak bakal lokasi TPA sedikit jauh dari pemukiman sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan warga,” ungkapnya, Rabu (17/7/2019).

Disamping pembuatan TPA, dirinya juga bakal lakukan pemberdayaan terhadap masyarakat untuk mengelola sampah, yang nantinya akan dilakukan pelatihan pengelolaan sampah, agar sampah yang hanya dibuang lalu mencemari lingkungan bisa memberikan manfaat dan bahkan bisa menghasilkan uang.

“Kalau sudah ada TPA, sampah tidak akan lagi mengganggu lingkungan. Tinggal lagi meningkatkan kesadaran masyarakatnya dalam menjaga kebersihan. Kami mendukung rencana itu dan kami berharap desa lainnya juga meniru kebijakan itu agar lingkungan kita bebas dari sampah,” pungkasnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.