Advokat Harus Maksimal Beri Pelayanan Penegakan Keadilan ke Masyarakat

HUT-Gubernur Sumsel Herman Deru menghadiri HUT Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) di Sekretariat AAI Sumsel, Jalan Gub HA Bastari, Jakabaring, Palembang, Sabtu (5/9/2020).

Palembang, Sumselupdate.com-Gubernur Sumsel Herman Deru mengingatkan agar organisasi yang menaungi advokat di Sumsel termasuk para advokat yang tergabung dalam Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) dapat berkontribusi mendorong kesejahteraan khususnya dalam hal menegakkan keadilan ditengah masyarakat.

Hal itu disampaikan Gubernur saat menghadiri HUT AAI di Sekretariat AAI Sumsel, Jalan Gub HA Bastari, Jakabaring, Palembang, Sabtu (5/9/2020). Deru meminta advokat memberikan pelayanan maksimal dalam upaya penegakan hukum di masyarakat.

Bacaan Lainnya

Menurut HD, AAI dan organisasi advokat lainnya di Sumsel bukan hanya bisa dijadikan sekadar wadah untuk mempereat silahturahmi, namun bisa dijadikan wadah untuk menegakkan keadilan.

“Jangan jadikan organisasi ini dikenal sebagai kumpulan advokat dengan citra mahal, namun jadikan organisasi ini sebagai wadah untuk melayani masyarakat,” kata Deru.

Dikatakannya, pelayanan yang menjurus pada aksi sosial harus dilakukan tanpa mengharapkan pamrih. Sebab, advokat bukan hanya dibutuhkan oleh masyarakat menengah ke atas, melainkan juga masyarakat menengah ke bawah.

“Saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengerti soal hukum dan disini peran dari advokat. Mungkin juga bisa diadakan pelayananan hukum yang melayani orang kurang mampu. Upaya itu juga bisa dikerjasamakan dengan pemerintah daerah. Ada saatnya kita harus memberikan pelayanan tanpa pamrih kepada masyarakat,” terangnya.

Dijelaskannya, advokat sendiri memang memiliki peran penting dalam penegakan keadilan hukum. Sebab itu, advokat dituntut untuk membela yang benar tanpa pandang bulu.

“Kalau sudah bicara soal profesi ini (advokat), maka yang dibicarakan bukan siapa benar atau salah, tapi siapa yang bisa menegakkan keadilan. Advokat ini merupakan salah satu profesi yang cukup penting. Karenanya, para advokat harus benar-benar jeli agar keadilan bisa ditegakkan,” paparnya.

Selain menghadiri acara HUT, HD juga berkesempatan untuk melakukan peresmian dioperasikannya kantor baru DPD dan DPC AAI. Peresmian tersebut diawali dengan pemotongan tumpeng dan pemotongan pita di depan pintu masuk kantor AAI.

“Kantor baru ini diharapkan dapat menjadi penyemangat para advokat untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD AAI Sumsel M Husni Chandea mengatakan, berkomitmen untuk mendorong program pemerintah daerah termasuk dalam hal penegakan hukum.

“Perhatian pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Gubernur Herman Deru sangat luar biasa. Upaya kami tentu akan mendorong programnya agar Sumsel semakin baik. Pelayan kepada masyarakat juga pasti kami tingkatkan,” pungkasnya. (rill)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.