MUI Sumsel Dukung Fatwa Haramkan Membakar Lahan

Ketua MUI Sumsel Aflatun Muchtar

Palembang, Sumselupdate.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumsel mendukung sepenuhnya fatwa MUI Pusat yang mengharamkan membakar hutan dan lahan dan diharapkan mampu menekan angka pembakaran lahan.

Ketua MUI Sumsel, Aflatun Muchtar, Kamis (15/9) menyampaikan pada prinsipnya MUI Sumsel mendukung fatwa MUI pusat tersebut, bahkan ia mengaku cukup geram dengan perilaku pihak yang membakar hutan hingga berdampak luas.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, membakar hutan dan lahan dapat berdampak luas, termasuk bencana kabut asap seperti yang melanda Sumsel tahun 2015 lalu. Oleh karenanya, begitu ada fatwa haram mambakar hutan dan lahan dari MUI Pusat, pihaknya mendukung fatwa anyar tersebut. Hal itu, menurutnya, patut diterapkan di Sumsel yang memiliki lahan gambut sangat luas dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

“Jika sudah ada fatwa dari pusat, maka kita harus ikuti dan tentunya kita mendukung terutama di Sumsel, agar kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tidak terjadi kembali,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya berjanji, jika ada masalah yang muncul di tengah masyarakat maka MUI akan membicarakannya dengan MUI Pusat, termasuk soal karhutla.

Disinggung upaya Pemprov Sumsel dalam upaya menanggulangi Karhutla, Aflatun mengaku percaya dengan kerja keras Pemprov Sumsel yang saat ini terus mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Namun, pihaknya juga akan turut membantu penanggulangan bencana kebakaran karena termasuk permasalahan umat.

“Membakar lahan secara sembarangan dan dilakukan secara sengaja, maka haram hukumnya. Pelakunya harus ditindak tegas karena ini berpengaruh pada masyarakat secara luas,” pungkasnya. (adi)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.