2021, Dana KIS Kota Palembang Rp8 Miliar

Kamis, 1 Oktober 2020
KUNJUNGI WARGA SAKIT-Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda saat membesuk warga yang sakit.

Laporan: Syandi Fran Widodo

Palembang, Sumselupdate.com-Anggaran untuk dana Kartu Indonesia Sehat (KIS) Kota Palembang di tahun 2021 mencapai R8 miliar. Dana KIS digunakan untuk mengcover biaya berobat warga tidak mampu.

Hal itu dikatakan Wakil Walikota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda usai membesuk empat warga sakit di tiga kecamatan yang berbeda.

“Kita optimis tahun ini tercapai 100% masyarakat Kota Palembang terdaftar KIS. Sebab Pemkot Palembang menganggarkan dana sebesar Rp8 miliar untuk tahun 2021,” kata Fitrianti Agustinda, Kamis (1/10/2020).

Advertisements

Menurutnya, masih ada sekitar 200 ribu jiwa yang belum terdaftar di KIS. Karena itu, pihaknya mengerahkan instansi terkait untuk melakukan pendataan agar semua masyarakat, khususnya yang prasejahtera dapat menikmati layanan kesehatan gratis.

“Jangan takut, meski belum mempunyai KIS mereka tetap bisa berobat di Puskesmas dan RSUD Bari Palembang dengan membawa KTP sembari mengurus KIS-nya tersebut,” ujarnya.

Sementara pada kunjungannya kali ini, Fitri secara langsung memberikan bantuan kursi roda dan memastikan warga prasejahtera yang sakit terus mendapat pelayanan kesehatan gratis secara berkala.

Adapun data dari keempat warga yang sakit, Ibu Yunani yang menderita sakit lumpuh. Dia tinggal di Komplek TNI AD Zeni, RT 41 RW 09, Blok E, Kelurahan 2 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 2.

Kemudian Shifa, umpuh sejak balita beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Lorong Karyajaya Kelurahan Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur 3. Lalu, Bapak Mulyadi, patah tulang ekor sejak hampir tiga bulan akibat kecelakaan kerja. Mulyadi tinggal di Jalan Mayzen, Lorong Wanaasri, Nomor 104, RT 06 Kelurahan Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni.

Dan terakhir Ibu Jamina yang sudah sekitar tiga tahun tak bisa berdiri karena terjatuh di kamar mandi. Dia tinggal di Jalan Mayzen, Lorong Wanaasri, Nomor 104, RT 06, Kelurahan Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.