2018, TPA Sukawinatan Tampung Sampah Hingga 288 Ribu Ton

Ilustrasi.

Palembang, Sumselupdate.com – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan tercatat telah menampung sampah hingga 288 ribu ton. Jumlah tersebut tercatat selama tahun 2018. Mengingat, sampah yang masuk tercatat 800 ton hingga 850 ton sampah setiap harinya.

“Kalau kita hitung sampah masuk perhari selama setahun, total mencapai 288 ribu ton sampah yang masuk ke TPA Sukawinatan,” ucap Kepala UPTB TPA Sukawinatan, Zaidan Jauhari, Minggu (6/1/2019).

Bacaan Lainnya

Menurut dia, jumlah sampah yang masuk di TPA ini bukan hanya diangkut dari Palembang, akan tetapi pihaknya juga mengangkut sampah di luar Palembang seperti Keluarahan Talang Keramat dan Sukajadi. “Ya, karena kami juga bekerjasama dengan pihak ketiga,” singkatnya.

Dia mengatakan, supaya tidak terjadi penumpukan sampah di lahan TPA Sukawinatan sekitar, sampah tersebut dilakukan pemilahan untuk dimanfaatkan sampah tersebut.

Dimana, sambung dia, salah satunya dimanfaatkan secara berkala. Diantaranya, tiap tiga minggu sekali dilakukan pengomposan, sedangkan yang bernilai jual itu dipilih oleh para pemulung yang ada di TPA Sukawinatan menggunakan proses secara organik.

“Ada juga pemanfaatan gas untuk sampah yang dikelola BUMD Palembang, seperi SP2J yang dirubah menjadi gas metan dengan memanfaatkan gas dari sampah bukan sampahnya,“ pungkasnya. (pra)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.