1.484 Mahasiswa Universitas PGRI Palembang Rampung Ikuti KKN/KKL

Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM menerima berkas penyerahan mahasiswa-mahasiswi KKN/KKL dari Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Kepala LPPkM Universitas PGRI Palembang Dr Rohana, MPd.

Palembang, Sumselupdate.com – Sebanyak 1.484 mahasiswa-mahasiswi Universitas PGRI Palembang rampung mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

Para mahasiswa-mahasiswi ini kurang lebih 40 hari mengikuti KKN/KKL dari tanggal 9 November sampai 19 Desember 2020 di 186 kecamatan dan 94 instansi/perusahaan pada 25 kabupaten/kota di empat provinsi yaitu Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung.

Bacaan Lainnya

Resmi rampungnya kegiatan ini ditandai dengan  digelarnya acara penyerahan kembali mahasiswa-mahasiswi KKN/KKL Universitas PGRI Palembang tahun akademik 2020/2021 secara virtual di Gedung Science and Business Center Universitas PGRI Palembang, Senin (21/12/2020).

Proses penyerahan kembali mahasiswa-mahasiswi KKN/KKL ini diterima oleh Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan, Dr Yasir Arafat, SE, MM dari Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPkM) Universitas PGRI Palembang Dr Rohana, MPd.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Bupati OKU diwakili Sekda, Bupati Prabumulih diwakili Sekda, Bupati OKI diwakili Asisten I OKI, Bupati PALI diwakili oleh Staf Ahli Pemberdayaan Masyarakat dan SDM PALI

Bupati Ogan Ilir diwakili Kaban Kesbangpol Ogan Ilir, Bupati  Bangka Tengah diwakili Kepala Bappelitbangda Bangka Tengah, camat dari berbagai kecamatan di Provisinsi Sumsel, Bengkulu, Lampung, dan Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Dari Universitas PGRI Palembang dihadiri Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd, Para Dekan, Direktur Pascasarjana, Kepala Biro, Ketua BPM, dosen Pembimbing Lapangan KKL/KKN, panitia pelaksana, dan para mahasiswa peserta KKL/KKN.

Suasana acara penyerahan kembali mahasiswa-mahasiswi KKN/KKL Universitas PGRI Palembang tahun akademik 2020/2021 secara virtual di Gedung Science and Business Center Universitas PGRI Palembang, Senin (21/12/2020).

Dalam sambutannya, Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan, Dr Yasir Arafat, SE, MM mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan daerah dan instansi yang bersedia menjadi lokasi pelaksanaan KKL/KKN tahun akademik 2020/2021.

Menurutnya, pelaksanaan KKL/KKN tahun ini terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan pada masa pandemi.

Dia berharap selepas mengikuti kegiatan KKN/KKL ini  mahasiswa mampu memberikan kontribusi dan sumbangsih bagi daerah asalnya terutama dalam menghadapi pandemic Covid-19.

Pada kesempatan itu, Rektor menghaturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, jika dalam pengelolaan tata administrasi dengan jumlah peserta dan lokasi yang begitu banyak, apalagi baru kali ini pelaksanaan secara daring, tentunya banyak kekurangan di sana-sini.

Rektor berharap juga pimpinan daerah dan instansi untuk terus menjalin kerja sama dan masih berkenan untuk menjadi mitra dalam pelaksanaan KKN/KKL di tahun yang akan datang.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Kepala LPPkM Universitas PGRI Palembang, Dr Rohana, MPd dalam sambutannya mengatakan, KKN/KKL ini merupakan kegiatan intrakurikuler yang wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa program Stara 1 (S1) Universitas PGRI Palembang dengan bobot 2 SKS.

Tujuannya menurut dia, agar mahasiswa dapat mempelajari bidang administrasi dan bidang lain yang relevan dengan program studi  yang bertujuan untuk menyumbangkan keterampilan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki mahasiswa sehingga mampu mencari solusi masalah-masalah nyata yang sifatnya majemuk secara terpadu secara langsung di lapangan.

Rohana mengatakan, kegiatan KKL/KKN tahun ini dilaksanakan pada masa Pandemi Covid-19, sehingga harus mematuhi protokol kesehatan.

Maka dari itu, peserta KKL/KKN tahun ini merupakan putra daerah masing-masing wilayah, dengan tema ‘KKL/KKN Merajut Asa Membangun Daerah’.

“Teknis pelaksanaannya didominasi secara daring, mulai dari penyerahan, pembimbingan, monitoring, hingga penyerahan kembali ke pihak mitra,” jelasnya.

Ditambahkan Rohana, dari 1.484 mahasiswa-mahasiswi ini yang mengikuti KKL sebanyak 353 orang dan 1.131 peserta mengikuti KKN.

Dengan penyebaran mahasiswa dari FKIP (1.204 orang), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (212 orang), Fakultas Teknik (39 orang), Fakultas Sains dan Teknologi (17 orang), dan Fakultas Perikanan dan Kelautan (12 orang).

“Mahasiswa yang mengikuti KKL/KKN diwajibkan membuat Laporan Akhir dan Video Pelaksanaan Program Kerja, yang telah dikonsultasikan ke dosen pembimbing dan mentor masing-masing,” bebernya lagi. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.