Wow! Sebanyak 2.234 Warga India Terinfeksi HIV Karena Transfusi Darah

transfusi darah (ilustrasi)

New Delhi, sumselupdate.com – Sedikitnya 2.234 warga India terkena virus mematikan HIV saat menerima transfusi darah di sejumlah rumah sakit dalam 17 bulan terakhir.

Seperti dilansir BBC, informasi ini diungkapkan National Aids Control Organisation (NACO) negara itu setelah pegiat Chetan Kothari mengajukan petisi.

Khothari mengatakan bahwa dirinya “dikejutkan” atas pengungkapan data ini. Sekitar 2,9 juta penduduk India adalah Orang Dengan HIV AIDS (ODHA).

Berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan Kothari diketahui bahwa jumlah tertinggi pasien terkena HIV karena darah terkontaminasi di rumah sakit, berasal dari negara bagian Uttar Pradesh, di bagian utara India, dengan 361 kasus.

Selanjutnya, negara bagian di barat, Gujarat, 292 kasus dan Maharashtra dengan 276 kejadian di urutan kedua dan ketiga. Sementara di Ibu kota India, New Delhi, di urutan keempat dengan 264 kasus.

“Ini adalah data resmi yang diberikan organisasi yang dijalankan pemerintah, NACO. Saya yakin angka sebenarnya dapat menjadi dua atau tiga kalinya,” tegas Kothari. (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.