Wilayah OKU Dinilai Cocok Untuk Pengembangan Ternak Ikan Gabus

Senin, 4 April 2016
Pendiri Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jejak OKU, Hendra Setyawan menjelaskan kepada warga terkait potensi pengembangan pembibitan ikan gabus di OKU, Senin (4/4).

Baturaja, Sumselupdate.com –Wilayah Kabupaten OKU dinilai berpotensi pengembangan pembibitan ikan gabus, lantaran sebagian wilayahnya masih banyak terdapat area rawa sehingga cocok dengan habitat air tawar.

“Sangat berpotensi jika pembibitan ikan gabus dilakukan di OKU,” kata Pendiri Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jejak OKU, Hendra Setyawan di Baturaja, Senin (4/4).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan telah menjalin kerjasama dengan PT Semen Baturaja untuk membuat kolam  pembibitan ikan gabus di atas lahan seluas dua hektare yang sudah disiapkan.

“Tahun ini kami bersama PT Semen Baturaja akan membuat kolam pembibitan ikan gabus di lokasi Batu Kuning Kelurahan Baturaja Barat,” katanya.

Hendra menjelaskan pembibitan nantinya akan dilakukan secara modern mengembakbiakan ikan gabus mulai dari perkawinan iduk hingga memisahkan anakannya dari hewan herbipora itu.

“Pembibitan nantinya akan dilakukan dengan cara modern tidak secara tradisional lagi yang pembibitannya membeli atau mengambil anakan di alam bebas untuk dikembangbiakan,” jelasnya.

Menurut dia peternak ikan gabus saat ini masih banyak menggunakan cara tradisional bukan secara modern dalam pembibitan seperti yang dilakukan petani ternak di Kabupaten Ogan Ilir (OI).

“Kelompok tani akan dibentuk sekaligus memberikan pelatihan pembibitan,” ungkapnya.

Para kelompok tani itu, lanjut dia, akan diberikan pelatihan oleh tenaga pendidik yang berpengalaman dan berhasil mengembangbiakan ikan gabus kolam. “Pelatihan mendatangkan tim dari Kota Yogyakarta sekitar dua hingga tiga orang,” ujarnya.

Seperti diketahui, beberapa wilayah di Bumi Sebimbing Sekundang seperti wilayah kecamatan Peninjauan, Sinar Peninjaua, KPR dan lainnya merupakan wilayah yang dinilai memiliki area lahan yang cocok untuk budidaya ikan gabus. Hanya saja selama ini hal itu belum dilakukan. (yan)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.