Wawako Minta Setiap Kecamatan Ada TPS 3R

Wakil Walikota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda

Palembang, Sumselupdate.com-Masalah sampah masih menjadi pekerjaan rumah dari Pemerintah Kota Palembang. Apalagi, tempat pembuangan akhir (TPA) saat ini yang dikelola Pemkot Palembang kondisinya nyaris over load.

Wakil Walikota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda meminta agar di setiap kecamatan bisa mandiri dan kreatif menyediakan lahan untuk dijadikan lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya tempat pembuangan sampah 3R ini masyarakat dapat memilah sampah rumah tangga sendiri sehingga tidak ada lagi penumpukan di tempat pembuangan TPA sampah. Bahkan, manfaatnya bisa dirasakan langsung masyarakat. Bisa jadi pupuk kompos dan lainnya,” katanya.

Ia menjelaskan, seperti di kawasan Kalidoni TPS 3R sudah berjalan dan masyarakat sudah banyak memanfaatkan limbah tersebut menjadi produk.

Apalagi dalam upaya penyediaan TPS 3R tersebut juga dimaksudkan dalam giat menjaga kebersihan kota dan bagian dari poin penilaian penghargaan Adipura. Pada tahun 2019, jumlah lokasi TPS 3R di Kota Palembang, berjumlah 13 titik.

“Ini menjadi salah satu poin terpenting, bagaimana kita menyiapkan pengelolaan sampah. Selain itu, kita khawatir kalau tidak ada solusi persoalan sampah ini tempat penampungan akhir bisa over load,” katanya.

Sementara Kepala DLHK Kota Palembang Alex Fernandus mengatakan, ada dua lokasi TPA yang dimiliki Pemerintah Kota Palembang, yakni Sukawinatan seluas 25 hektare dan Karya Jaya seluas 40 Hektar.

“Kalaupun di Sukawinatan over load pun kita sudah siapkan lokasi lain, di TPA Karya Jaya luasannya masih besar dan cukup menampung. Apalagi, kita ‘kan berencana buat incenelator jadi soal sampah di Palembang yang kisaran 1.200 ton per hari bisa kita selesaikan,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.