Warga Resah, Pemkab PALI dan Mura Kembali Ukur Titik Koordinat Tapal Batas di Semangus

Camat Talang Ubi dan Tim PBD Provinsi Sumsel beserta Pemkab Mura saat melakukan peninjauan sekaligus pengukuran titik koordinat tapal batas di Desa Semangus.

PALI, Sumselupdate.comWarga Desa Semangus, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI resah menyusul dua pertiga wilayahnya masuk ke wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Keresahan warga ini cukup beralasan sebab empat dari lima dusun di Desa Semangus masuk wilayah Mura yang berbatasan dengan Desa Bumi Makmur, Kecamatan Muara Lakitan,  Kabupaten Mura.

Kondisi ini memaksa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI dan Pemkab Mura kembali melakukan pengukuran titik koordinat batas wilayah dengan mendatangkan langsung tim Penegasan Batas Daerah (PBD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Camat Talang Ubi, Asrohi, SSos, Msi yang ikut ke lapangan, menunjukkan beberapa titik yang sudah ditentukan oleh pegawainya.

“Kita sudah tahu titik koordinat dari dua pertiga pemukiman yang berada di luar garis batas PALI, sekarang kita lagi menunjukkan lokasi-lokasi tersebut, dan semoga wilayah tersebut bisa dibebaskan untuk PALI,” ujar Asrohi.

Lebih lanjut Asrohi menambahkan bahwa hal ini dilakukan atas tindak lanjut dari keresahan warga setempat yang meminta pemerintah untuk mengurus tampal batas, mana yang akan menjadi batas desa dan sekaligus sebagai batas wilayah Kabupaten PALI.

“Lahan yang sudah kita tinjau ini akan kita minta dan diganti dengan lahan lain, karena lahan yang kita minta ini merupakan pemukiman warga. Setelah itu, ini akan diajukan ke provinsi untuk diproses dan ditindak lanjuti,” tandasnya sambil menyusuri titik koordinat di tengah kebun warga.

Sementara itu, Plt Kepala Kagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Mura, Hardiman berjanji akan memberikan lahan tersebut kalau memang untuk pemukiman warga.

“Kita akan membebaskan dan memberikan lahan kalau itu memang terdapat lahan pemukiman warga. Namun, sebelumnya kita akan rapatkan terlebih dahulu,” ujar Hardiman didampingi pegawai Dinas Kehutanan Mura yang ikut juga dalam rombongan.

Dalam peninjauan tersebut diikuti juga Dinas Perkebunan dan Kehutanan kabupaten PALI, Kepala Desa Semangus, dan unsur masyarakat Desa Semangus. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.