Usai Sholat Jumat Besok, Seluruh Masjid dan Ponpes di Muba Lakukan Istighotsah

Rapat persiapan pelaksanaan istighotsah  dan doa bersama

Sekayu, Sumselupdate.com – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin akan menggelar istighotsah, doa bersama dan donasi Muba Peduli, menyusul rentetan bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Rapat persiapan pelaksanaan istighotsah  dan doa bersama ini dipimpin oleh Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Muba H Yudi Herzandi, SH, MH, Rabu (20/1/2021) di Ruang Rapat Randik.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Muba H Yudi Herzandi, SH, MH, mengatakan, pelaksanaan Istighotsah ini dilakukan dalam rangka memohon perlindungan dari Allah SWT agar terhindar dari segala marabahaya ataupun musibah.

Bacaan Lainnya

Sekaligus mendoakan para sanak-saudara yang terkena musibah. Karena di awal tahun 2021 ini ada beberapa musibah yang telah terjadi diantaranya, jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182, terjadi longsor di Cimanggung yang telah menelan puluhan korban jiwa, kemudian ada gempa bumi, banjir dan erupsi.

“Dari musibah ini sudah sewajarnya kita untuk saling mendoakan dan memberikan sebuah bantuan terhadap korban bencana. Untuk itu, kami mengajak seluruh elemen dan lapisan masyarakat yang ada Kabupaten Muba untuk bersama-sama memanjatkan doa untuk keselamatan dan keberkahan negeri kita tercinta dan juga Muba,” ungkapnya.

Lanjutnya, di Musi Banyuasin juga memiliki keberagaman agama, dengan harapan dari setiap agama dapat mengikuti doa bersama di tempat dan sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Selain memanjatkan doa alangkah lebih baiknya jika dapat ikut mengumpulkan sebuah donasi berupa pakaian, bahan-bahan pokok maupun dana kepada korban bencana.

“Dari setiap Instansi yang ada di Muba beserta masyarakat kita anjuran untuk bersama-sama mengumpulkan donasi dan diberikan kepada korban bencana yang ada di luar Muba,” ujarnya.

Sementara, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Muba H Opi Pahlopi mengatakan istighotsah akan dilakukan pada hari Jumat (22/1/2021) setelah Shalat Jumat secara serentak di seluruh Masjid dan Pondok Pesantren se Kabupaten Muba dipusatkan di Masjid Jami’ An nur Sekayu.

“Untuk seluruh Camat dan Pimpinan Pondok Pesantren diharapkan mengintruksikan ke masjid-masjid dan pesantren diwilayahnya,” kata Opi Pahlopi, Rabu (20/1/2021).

Kemudian terkait donasi Kabag Kesra menyampaikan seluruh Kepala Perangkat Daerah, Camat, Pimpinan Ponpes serta masyarakat  diharapkan dapat mengumpulkan donasi di instansi masing-masing.

“Donasi ini untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak musibah. Donasi berakhir dan akan diumumkan pada hari Jumat Tanggal 29 Januari 2021 mendatang,” ungkap Opi.

Kabag Kesra Muba juga mengatakan doa bersama tersebut memohon agar Kabupaten Muba dijauhkan dari bala dan musibah serta memohon agar semua diberikan keselamatan dan kesehatan karena akan dimulainya Vaksin COVID-19 di Muba.

Terpisah, Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin mengajak semua pihak agar, berdoa dan beristighotsah untuk menolak bahaya, bencana serta agar berbagai persoalan bangsa segera terselesaikan.

“Bencana itu siapapun tidak bisa menolak, hanya Allah yang bisa, maka dengan usaha beristighotsah, semoga kita semua dapat menolak bala dengan berdoa, memohon kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia khususnya warga Musi Banyuasin tidak terkena bencana. Dan kita semua terhindar dari berbagai persoalan,” tutup Bupati Muba. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.