Universitas PGRI Palembang Jalin Kerja Sama dan Gelar PkM di Tiga Sekolah di Kabupaten OKI

Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd menyerahkan cindera mata dengan kepada Kepala SMAN 1 Air Sugihan Kabupaten OKI, Drs Suroto, MSi.

Kayuagung, Sumselupdate.com – Universitas PGRI Palembang secara resmi menjalin kerja sama dengan tiga sekolah yang berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Ketiga sekolah itu adalah SMAN 1 Air Sugihan, SMAN 2 Air Sugihan, dan Madrasyah Aliyah (MA) Khaairul Umah Air Sugihan

Bacaan Lainnya

Kerja sama ini tertuang dalam Memorandum of Understanding yang ditandatangani Rektor Universitas PGRI Palembang diwakili oleh Wakil Rektor III, Drs Sukardi, MPd dengan Kepala SMAN 1 Air Sugihan, Drs Suroto, MSi, Kepala SMAN 2 Air Sugihan, Darmawan Nursyamsi, SPd, MSi, Kepala Madrasyah Aliyah (MA) Khaairul Umah Air Sugihan, HM Kholik, MSi.

Penandatanganan nota kesepahaman yang dirangkai dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) oleh dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang dan tes Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) digelar di masing-masing sekolah selama dua hari pada Rabu dan Kamis, 9-10 Desember 2020.

Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd dan Kepala SMAN 1 Air Sugihan, Drs Suroto, MSi berfoto bersama.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor (Warek) III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd menjelaskan rangkaian kegiatan MoU, PkM, dan sosialisasi ini dilakukan sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan.

Maka dalam hal ini Universitas PGRI Palembang mengajak berkerja sama instasi-instansi terkait seperti SMAN 1, SMAN 2, dan MA Khairul Umah Air Sugihan Kabupaten OKI baik dalam bidang pendidikan, penelitian maupun PkM.

Sukardi berharap dari pihak universitas maupun sekolah-sekolah yang ada di wilayah Air Sugihan dapat memanfaatkan kerja sama ini dengan baik dan berharap akan membawa kebaikan bagi semuanya.

Pada kesempatan itu, Sukardi menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.

Siswa-siswi serius mengikut tes PMB Universitas PGRI Palembang.

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.

Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.

Ditambahkan Sukardi bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Ucapan terima kasih disampaikan Kepala Kepala SMAN 1 Air Sugihan, Drs Suroto, MSi, Kepala SMAN 2 Air Sugihan, Darmawan Nursyamsi, SPd, MSi, dan Kepala Madrasyah Aliyah (MA) Khaairul Umah Air Sugihan, HM Kholik, MSi.

Ketiganya mengaku sangat senang dan bangga karena sekolah-sekolah di Air Sugihan menjadi salah satu sekolah yang dikunjungi dari Universitas PGRI Palembang.

Ditambah lagi kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya PKM oleh dosen dan mahasiswa saja, akan tetapi digelar juga kegiatan MoU dan sosialisasi.

Ketiganya berharap kerja sama yang sudah dilaksanakan ke depannya benar-benar dapat terealisasi dengan program-program yang sudah disepakati bersama.

Kegiatan PkM dosen dan mahasiswa dan sosialisasi PMB Universitas PGRI Palembang berlangsung lancar mulai dari awal hingga akhir.

Tim PkM Universitas PGRI Palembang berfoto bersama dengan dewan guru SMAN 2 Air Sugihan, Kabupaten OKI, Sumsel.

Bahkan kegiatan ini disambut baik oleh para pihak sekolah baik dari dewan guru maupun siswanya.

Pada kegiatan sosialisasi, tim melaksanakan tes PMB di ketiga sekolah tersebut. Kegiatan ini salah satu bentuk realisasi kerja sama antara Universitas PGRI Palembang dan pihak sekolah.

Maka biasanya tes PMB dilaksanakan di kampus, akan tetapi kegiatannya langsung dilaksanakan di sekolah-sekolah yang sudah ditentukan.

Tes PMB di lokasi ini secara langsung menjadi solusi bagi siswa-siswi untuk tidak susah payah harus datang langsung ke kampus dan sekaligus mendukung dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Para siswa-siswi yang merupakan calon mahasiswa tidak harus keluar jauh untuk mendaftar kuliah di Universitas PGRI Palembang. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.