Tuntaskan Perkara Melibatkan Perempuan dan Anak, Polres OKU Gandeng Tiga Instansi

Polres OKU mengandeng Dinas Sosial OKU, Dinas PPA OKU dan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Wilayah OKU.

Laporan: Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com – Guna membantu dalam penyelesaian perkara yang melibatkan perempuan dan anak, dengan tetap memperhitungkan dan memperhatikan hak dan dampak trauma sosial, Polres OKU mengandeng Dinas Sosial OKU, Dinas PPA OKU dan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Wilayah OKU.

Bacaan Lainnya

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan di Mapolres OKU, Rabu (4/3/2021).

Polres OKU dalam hal ini diwakili oleh Kasat Reskrim AKP Priyatno, Kadin PPA OKU Arman, Kadinsos OKU Syaiful Kamal, M. Efid, JFT PK Bapas OKU Kiagus Zulkarnain, Kasat Reskrim Polres OKU AKP Priyatno, Kanit KiPPA Polres OKU Ipda Yuardi Rahmad, Kanit Pidum Polres OKU Ipda Bagus Aji Widya Randhika, Kasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Dinas PPA Eka Erwandi, dan Personel Unit PPA.

Kanit PPA Polres OKU, Ipda Yuardi, mengatakan, Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres OKU memang kerap menggandeng lembaga lain, seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Dinas Sosial, bahkan Psikolog.

Keterlibatan lembaga lain, sangat membantu dalam penyelesaikan dan kesuksesan pengungkapan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Penanganan kasus terhadap perempuan dan anak inikan tidak hanya menangkap pelakunya, tetapi juga pemenuhan haknya, seperti dampaknya, traumanya, sosialnya,” ujarnya.

Sebut saja seperti, memenuhi kebutuhan kesehatan fisik dan psikis. Hal itu tidak bisa dilakukan sendiri, tetapi butuh kerjasama dengan instansi lain. Ia melanjutkan, secara teknis, proses pemeriksaan terhadap korban perempuan dan anak tidak mudah.

Ia mencontohkan, seorang anak berkebutuhan khusus, harus dimintai keterangan dengan bantuan psikolog untuk memahaminya. Korban perempuan yang punya trauma atas perlakuan pelaku, juga membutuhkan bantuan psikolog karena ketakutan berlebih dan sulit mengutarakan keterangan dalam proses pemeriksaan.

Kerjasama yang tak kalah penting terkait dengan bantuan penempatan anak berhadapan dengan hukum dan korban anak dengan kendala sosial. Bagi korban anak yang punya kendala sosial, misalnya lingkungan sekitar memojokannya, Unit PPA akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial OKU. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.