Tujuh Tahun Buron, Komplotan Perampok Disertai Pembunuhan Calon Kades di OKU Timur Tersungkur Ditembus Peluru

Tersangka Sadam saat diamankan di Polres OKU Timur, Senin (27/7/2020).

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Usai sudah pelarian Sadam (29), warga Desa Dabuk Makmur, Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Bacaan Lainnya

Pelaku perampokan disertai pembunuhan terhadap calon Kepala Desa (Kades) di Desa Sumberejo, Kecamatan Belitang ll, Kabupaten OKU Timur, tersungkur mencium bumi setelah kedua kakinya ditembus peluru yang dilesakkan Tim SW Polres OKU Timur.

Tersangka yang hampir tujuh tahun buron ini tak berkutik ketika digerebek di kediamannya pada Senin (27/7/2020), sekira pukul 03.00 WIB.

Selain Sadam, beberapa rekannya sudah lebih dahulu diringkus Tim SW Polres OKU Timur, yakni Anto Pancong, Geptal Agus Kicer, dan Tamamuri.

Namun dalam penangkapan, Tamamuri tewas karena mencoba melawan saat penangkapan. Sementara tiga tersangka lainnya hingga kini masih buron, yakni ARG, ART, dan RB.

Penangkapan tersangka diperkuat dengan laporan keluarga korban yang merupakan calon kades bernama Made Yeni (41), warga Desa Sumberejo, Kecamatan Belitang ll, Kabupaten OKU Timur.

Informasi dari kepolisian, jika peristiwa berdarah tersebut terjadi pada 23 Desember 2013 pukul 13.00 WIB. Peristiwa menggempar seisi desa ini terjadi di dalam rumah calon kades malang itu.

“Tersangka berjumlah tujuh orang, tiga sudah kita tangkap, satu tewas karena mencoba melawan, dan saat ini sisa tiga orang lagi yang masih berkeliaran di luar sana yang pastinya identitas mereka sudah diketahui dan sudah kita buru, kita juga tidak main-main dalam pengungkapan kasus ini,” tegas Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya, SH, Sik melalui Kasat Reskrim AKP M Ikang Ade Putra didampingi Kanit Pidum Ipda Alimin.

Tersangka sendiri sudah bertahun-tahun menjadi DPO Polres OKU Timur. Penangkapan berawal dari adanya informasi dari masyarakat yang mengatakan jika pelaku sedang berada di rumahnya di Desa Dabuk Makmur, Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten OKI.

Bermodalkan informasi tersebut, Kasat Reskrim Polres OKUT bersama anggota Tim SW Polres OKU Timur langsung menuju ke kediaman buronan tersebut.

“Meski sempat melakukan perlawanan terhadap kita, namun DPO kasus perampokan dan pembunuhan beberapa tahun silam tersebut akhirnya menyerah setelah dilakukan tindakan tegas dan terukur, dan kini pelaku sudah kita jebloskan ke panjara Mapolres OKU Timur untuk dilakukan lidik kasus lebih lanjut,” katanya. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.