Tubuh Peserta CPNS di Kabupaten OKU Diperiksa, Panitia Temukan Hal yang Mengejutkan

Suasana seleksi tes CPNS dengan metode CAT yang berlangsung di Gedung Narapraja Baturaja Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, Rabu (29/1/2020).

Baturaja, Sumselupadate.com – Memasuki hari ketiga proses seleksi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan metode Computer Assisten Test (CAT) yang berlangsung di Gedung Narapraja Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (29/1/2020), ditemukan hal yang sangat mengejutkan.

Pasalnya, pada zaman yang modern seperti sekarang ini, masih ada  peserta yang melakukan hal di luar dugaan, di mana ada peserta tes CPNS yang mempercayai hal yang berbau mistis.

Bacaan Lainnya

Salah satu contoh yang langsung ditemui oleh pewarta di lokasi tes ada peserta yang membawa jimat yang berbentuk bungkusan kain hitam.

Hal ini diketahui saat peserta ini ingin memasuki ruangan tes CAT. Namun sebelum masuk ke ruangan tersebut peserta akan diperiksa seluruh tubuh oleh panitia. Dalam pemeriksaan ini panita menggunakan metal detektor dan pengecekan secara manual.

Saat melakukan pengecekan panitia menemukan bungkusan hitam di salah satu kantung milik peserta.

Temuan ini pun dilaporkan oleh panitia kepada Kepala Badan Kepegawaian dan Sumberdaya Manusia (BKSDM) Mirdaili, SSTP yang pada proses seleksi ini selalu berada di lokasi tes.

Saat ditanya oleh Mirdaili untuk apa benda tersebut, peserta CPNS ini berdalih untuk penglaris jualan dagangannya yang tak sengaja terbawa saat mengikuti tes. “Ini jimat aku untuk jualan Pak, dak sengajo tebawak,” ucapnya.

Mirdaili menyayangkan masih ada peserta yang masih mempercayai hal-hal yang berbau mistis seperti membawa jimat berupa bungkusan berwarna hitam atau putih. Bahkan ada peserta yang membawa benda kecil berbentuk keris yang diselipkan di bagian pinggang.

“Kalau kita menemukan hal seperti itu otomatis bendanya kita amankan. Namun saat peserta tersebut selesai mengikuti tes, maka benda tersebut kita kembalikan,” ujarnya.

Lebih lanjut Mirdaili mengingatkan kepada perserta tes CPNS khususnya yang ikut di Kabupaten OKU untuk mengikuti tahapan test dengan maksimal.

“Tidak usah neko-nekolah, ikuti saja prosesnya dan yang paling penting sebelum mengerjakan soal berdoa pada Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkasnya.

Pantauan Sumselupdate.com selain hal-hal yang berbau mistis, ada hal yang membuat haru suasana tes CPNS di Kabupaten OKU ini.

Di mana orang tua atau pendamping peserta yang hadir di lokasi tes terlihat gugup saat melihat monitor skor nilai yang disediakan oleh panitia. (arm)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.