TPN Ganjar-Mahfud Akan Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK

Penulis: - Jumat, 16 Februari 2024
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Jakarta, Sumselupdate.com — Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, yang diwakili oleh Deputi Hukumnya, Todung Mulya Lubis, menyatakan akan menggugat hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka merasa tidak puas dengan proses pemilihan umum yang dinilai tidak adil.

Dalam konferensi pers yang digelar di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Todung mengatakan bahwa pihaknya akan menggunakan jalur konstitusional untuk memperjuangkan hak-hak pemilih. Ia berharap MK dapat menjaga konstitusi dan menyelesaikan sengketa Pilpres dengan benar.

“Kami berharap MK bisa berfungsi sebagai penjaga konstitusi yang menjalankan tugasnya dengan benar,” ujar Todung.

Gugatan ke MK bukan satu-satunya langkah hukum yang diambil oleh TPN Ganjar-Mahfud. Sebelumnya, mereka juga telah membuat laporan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengenai dugaan pelanggaran pemilu dan kepada kepolisian terkait adanya dugaan tindak pidana dalam pemilu.

Advertisements

Selain itu, Todung juga menanggapi pertanyaan seputar gugatan yang diajukan oleh mantan Ketua MK, Anwar Usman, ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) untuk mengembalikan posisinya setelah dicopot dari jabatan karena pelanggaran etik.

Menurut Todung, Anwar Usman, yang juga merupakan paman dari calon wakil presiden nomor urut 2, tidak seharusnya terlibat dalam penyelesaian sengketa Pilpres karena potensi benturan kepentingan.

“Anwar Usman tidak punya hak untuk ikut menyelesaikan sengketa Pilpres di MK. Sudah jelas dan tidak mungkin bagi beliau untuk menjadi anggota majelis MK dalam kasus ini,” tegas Todung.

Rencana pengajuan gugatan PHPU ke MK oleh TPN Ganjar-Mahfud ini menandakan komitmen mereka terhadap integritas proses demokrasi di Indonesia.

Langkah ini juga menunjukkan betapa pentingnya mekanisme hukum dalam menyelesaikan perselisihan hasil pemilu, guna memastikan bahwa setiap suara dihitung secara adil dan tepat.(src)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.