Tips Menghadapi Bencana Banjir

Sabtu, 13 Februari 2016
Ilustrasi Banjir

Palembang, sumselupdate.com – Indonesia kini memasuki musim penghujan. Tepatnya, Indonesia tengah dalam kondisi siaga. Curah hujan yang cukup tinggi, mengakibatkan sejumlah wilayah di negeri ini pun tak luput dari bencana banjir, seperti yang belakangan melanda Sumatera Barat, Riau, Pangkal Pinang, dan Jambi.

Bencana banjir sejatinya bisa diperkirakan sebelumnya, dengan memperhatikan curah hujan atau pasang naik air laut, terutama bagi Anda yang tinggal di pesisir pantai. Perkiraan ini tentunya berguna untuk Anda dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi bencana banjir.

Bacaan Lainnya

Tips Hadapi Banjir.

Persoalannya, tidak semua orang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam menghadapi bencana tersebut. Nah, jika Anda belum berpengalaman menghadapi bencana banjir, ada baiknya simak tips dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berikut ini.

  1. Simak informasi terkini mengenai curah hujan dan posisi air pada pintu air melalui televisi, radio, atau lainnya.
  2. Bersiaplah dengan peralatan keselamatan seperti: Radio baterai, senter, korek api gas, lilin, selimut, tikar, jas hujan, dan ban karet.
  3. Amankan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi.
  4. Siapkan bahan makanan mudah saji seperti: Mi instan, ikan asin, beras, makanan bayi, gula, kopi, teh, dan persediaan air bersih.
  5. Siapkan obat-obatan darurat seperti: Oralit, antidiare, dan anti-influenza.
  6. Amankan dokumen penting seperti: Ijazah, akte kelahiran, kartu keluarga, buku tabungan, sertifikat, dan benda-benda berharga lainnya.
  7. Jika banjir benar-benar terjadi, matikan aliran listrik di rumah atau hubungi PLN untuk mematikan listrik di wilayah yang terkena bencana.
  8. Mengungsi ke daerah aman secepat mungkin ketika air masih mungkin untuk diseberangi.
  9. Hindari berjalan di dekat saluran air untuk menghindari terseret arus banjir.
  10. Jika air terus meninggi, hubungi instansi yang terkait dengan penanggulangan bencana seperti kantor Kepala Desa, Lurah, atau Camat. (shn)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.