Tingkatkan Prestasi Atlet, KONI OKU Gandeng Pelatih Fisik Bergelar Doktor

Berfoto bersama usai pembukaan pelatihan pelatih fisik level I nasional di Hotel Grand Kemuning Kabupaten OKU, Jumat (28/8/2020).

Laporan: Armizwadi

Baturaja, Sumselupdate.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten OKU menggelar
pelatihan untuk pelatih fisik level I nasional di Hotel Grand Kemuning, Kecamatan Baturaja Timur, 28-31 Agustus 2020. Pelatihan ini diikuti 33 cabang olahraga (cabor) di Kabupaten OKU.

Bacaan Lainnya

Ketua KONI Kabupaten OKU Eddy Jaya mengatakan, masing-masing cabor diwakili satu orang dengan nara sumber yang berpengalaman di bidang olahraga, yakni Dr Ria Lumintuarso, MSi,  Dr Devi Tirtawirya, M Or Bayu Iswana, M Or, Ardo Okilanda, MPd, dan Sugarwanto, MPd.

“Kegiatan ini dilakukan karena pelatihan VO2 MAX atlet di Kabupaten OKU masih sering jalan di tempat. Setelah dilakukan diskusi dan melihat apa yang sering terjadi di lapangan maka kita laksanakan kegiatan ini,” jelas Eddy.

Menurut  dia, setelah ini digelar pelatihan pelatih level II, dan juga pelatih fisik dan teknik di setiap cabor. Untuk kegiatan pelatihan pelatih fisik ini harus ditingkatkan sesuai permintaan KONI Provinsi Sumsel untuk meningkatkan prestasi atlet.

“Untuk pelatih fisik nanti akan diberikan honor setiap bulannya, tapi ini berdasarkan surat keputusan (SK) yang dimiliki dari masing-masing cabor,” tegasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten OKU Himni Rusdi, SE, kegiatan pelatihan ini untuk menunjang di bidang olahraga. Apalagi, tahun 2021 Kabupaten OKU akan melaksanakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dan mempertandingkan 13 cabor.

“Pada Porprov XII di Prabumulih, prestasi kita sedikit menurun karena saat itu ada salah satu cabor yang tidak ikut, yakni cabor kempo, sementara cabor ini lumayan banyak menyumbang mendali. Tapi mudah-mudahan di tahun 2021 kita akan menjadi peringkat satu,” harap dia.

Insya Allah tahun 2021 atlet kami akan mengharumkan nama Kabupaten OKU di kancah olahraga. Setelah ini kita jangan pakum, terus bekerja untuk meningkatkan fisik atlet yang ada,” pungkas Hemni.

Sementara itu, Asisten I Pemkab OKU Slamet Riadi, meminta semua peserta bisa memanfaatkan pelatihan ini secara baik.

“Ikutilah pelatihan ini dengan baik, karena sehebat-hebatnya kita bila fisik kita lemah, seluruh kegiatan akan fatal. Karena itu, fisik sangat penting, dan untuk narasumber berikanlah ilmu yang dimiliki kepada para perserta. Mudah-mudahan tahun 2021 kita selaku tuan rumah Poprov berhasil dalam pelaksanaan dan berhasil meraih prestasi,” ungkap dia. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.