Tingkatkan Ekonomi Warga, Dosen Prodi PLS FKIP Unsri Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring

Tim PkM Prodi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Sriwijaya berfoto bersama usai menggelar pelatihan keterampilan ekonomi kreatif kepada ibu rumah tangga di Desa Burai, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir guna meningkatkan pendapatan keluarga di masa pandemi, Sabtu (25/9/2021).

Inderalaya, Sumselupdate.com –  Pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini, mulai berdampak terhadap banyaknya pengurangan tenaga kerja dan imbasnya pendapatan masyarakat merosot.

Guna mengatasi berkurangnya pendapatan pada keluarga yang terdampak pandemi Covid-19, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi (Prodi) Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar pelatihan keterampilan ekonomi kreatif, Sabtu (25/9/2021).

Read More

Menggandeng kelompok PKK Desa Burai, tim PkM Prodi PLS FKIP Unsri mengadakan pelatihan pembuatan produk sabun cuci piring yang diikuti 25 peserta yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga di Desa Burai, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Adapun nara sumber dari pelatihan ini adalah Yanti Karmila Nengsih, MPd, Dr Azizah Husin, MPd, dan  Ardi Saputra, SPd, MSc.

Ketiga dosen ini mengajarkan kepada para peserta bagaimana membuat sabun cuci piring yang baik, hemat biaya dengan packaging yang menarik sehingga diminati oleh konsumen.

“Diharapkan setiap ibu rumah tangga yang mengikuti pelatihan ini bisa menjadi pelaku ekonomi kreatif, yang pada akhirnya menjadi ibu rumah tangga yang berdaya serta bisa menunjang kesejahteraan keluarga atau peningkatan pendapatan keluarga,” kata Ketua Tim PkM Prodi PLS FKIP Unsri, Yanti Karmila Nengsih, MPd.

Tim PkM Prodi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Sriwijaya berfoto bersama usai menggelar pelatihan keterampilan ekonomi kreatif kepada ibu rumah tangga di Desa Burai, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir guna meningkatkan pendapatan keluarga di masa pandemi, Sabtu (25/9/2021).

Dikatakan Yanti Karmila Nengsih, tujuan pelatihan keterampilan ekonomi kreatif untuk memberdayakan ibu rumah tangga yang mana produk sabun cuci piring ini diharapkan nanti menjadi suatu peluang usaha di masa pandemi sehingga dapat meningkatkan pendapatan dalam keluarga.

Selain itu, kata Yanti, produk sabun cuci piring bisa juga digunakan untuk kehidupan sehari-hari  yang pada akhirnya bisa menghemat pengeluaran rumah tangga karena untuk alat dan bahannya sendiri dapat diperoleh dengan harga terjangkau.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Luar Sekolah  FKIP Universitas Sriwijaya. Pada pengabdian masyarakat tahun ini menjadi pengabdian yang cukup berbeda dikarenakan dilaksanakan pada saat pandemi Covid-19 dan peralihan ke masa kenormalan baru. Sehingga baik nara sumber maupun peserta kegiatan harus mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Kegiatan pelatihan ini sendiri mendapat respon positif dari ibu–ibu rumah tangga di Desa Burai.

Para peserta antusias dapat menerapkan keterampilan membuat sabun cuci piring ketika sudah kembali ke rumah masing-masing. (rel)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.