Advertorial: Tingkatkan Budaya Baca dan Literasi, Disputaka Sumsel Gelar Lomba Bertutur Siswa/I SD dan MI Terbaik

Penulis: - Selasa, 11 Juni 2024
Suasana pembukaan lomba bertutur siswa/I sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) terbaik tingkat Provinsi Sumsel tahun 2024 di Mall Transmart Palembang, Selasa (11/6/2024).

Palembang, Sumselupdate.com – Guna meningkatkan budaya baca dan literasi serta membentuk karakteristik anak-anak sejak dini, Dinas Perpustakaan (Disputaka) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar lomba bertutur siswa/I sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) terbaik tingkat Provinsi Sumsel tahun 2024.

Kegiatan lomba yang digelar di Mall Transmart Palembang, Selasa (11/6/2024) dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumsel, Ir SA Supriono dalam hal ini diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Sekda Sumsel, Kurniawan Abadi, SE, MM.

Bacaan Lainnya

Pj Gubernur Sumsel Dr Drs A Fatoni, MSi melalui Sekda Ir SA Supriono yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Sekda Sumsel, Kurniawan Abadi, SE, MM dalam sambutannya mengapresiasi upaya Disputaka Sumsel dalam memajukan dunia literasi melalui beragam kegiatan, salah satunya kegiatan lomba bertutur siswa-siswi SD/MI tingkat Provinsi Sumsel.

Dikatakan, kemampuan membaca merupakan faktor penting dalam mengembangkan wawasan, pola pikir, dan pemahaman terhadap beragam konteks kehidupan masyarakat.

Kurniawan menjelaskan menumbuh kembangkan budaya baca dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti mendongeng, bercerita dan sejenisnya.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Sekda Sumsel, Kurniawan Abadi, SE, MM.

“Pada hari ini kita mengadakan Lomba Bertutur bagi siswa-siswi SD dan MI tingkat Provinsi Sumsel yang merupakan salah satu metode yang efektif dalam pembelajaran maupun menumbuhkan budaya baca anak karena memberikan pemahaman yang mudah kepada anak-anak,” tuturnya.

Senada, Kepala Disputaka Sumsel, Muhammad Zaki Aslam, SIP, MSi mengatakan tujuan lomba bertutur siswa/i SD dan MI terbaik tingkat Provinsi Sumsel tahun 2024 bertujuan untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan literasi anak- anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku;

Kepala Disputaka Sumsel, Muhammad Zaki Aslam, SIP, MSi.

Tujuan lain, mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter bangsa, serta munculnya bibit-bibit generasi muda dari seluruh nusantara yang dapat menjadi panutan dalam menjalankan kebiasaan gemar membaca dan literasi.

Muhammad Zaki Aslam menjelaskan jika peserta lomba bertutur bagi siswa-siswi SD/MI tahun 2024 adalah juara Lomba Bertutur tingkat Kabupaten/Kota di Provinsi Sumsel yang terdiri dari 16 peserta yang berasal dari 9 kabupaten/kota, di antaranya Kota Palembang, Lubuk Linggau, OKI, PALI, Muara Enim, Muba, Muratara, Lahat, dan Kabupaten Banyuasin.

Suasana pembukaan lomba bertutur siswa/I sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) terbaik tingkat Provinsi Sumsel tahun 2024 di Mall Transmart Palembang, Selasa (11/6/2024).

Para peserta yang terpilih sebagai pemenang terbaik tingkat Provinsi Sumsel berhak memperoleh penghargaan berupa trophy, piagam, dan uang pembinaan.

“Semoga pemenang lomba bertutur siswa/i SD/MI terbaik tingkat Provinsi Sumsel tahun 2024, dapat membawa nama baik Provinsi Sumsel di tingkat nasional dan menjadi pemenang di tingkat nasional nantinya,” harap Muhammad Zaki Aslam. (**)

 

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.