Tilang Elektronik, Kapolri Sebut Polantas Fokus Atur Lalu Lintas

Launching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara virtual, Rabu (24/3/2021).

Laporan: Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com  – Hadirnya tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) membuat Polantas bisa lebih fokus menjalankan tugas, mengurangi interaksi dengan masyarakat, tapi tidak menghapus tilang bagi pelangggar lalu lintas.

Bacaan Lainnya

Itulah pesan yang disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, saat launching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara virtual, Rabu (24/3/2021).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. OKU, Slamet Riyadi, ikut hadir dan mendengarkan langsung arahan dari Kapolri.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan, launching ETLE atau Tilang Elektronik secara Nasional tahap pertama diperuntukkan untuk 12 Polda yang telah terpasang sebanyak 244 titik.

Adapun Polda itu meliputi Polda Metro Jaya, Banten, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Sumbar, Lampung, Jambi, Riau, Sulsel, dan Sulut. Sumsel sendiri masuk launching kedua, pada 28 April.

Kamera ETLE yang terpasang, dikatakan Kapolri, akan menangkap gambar kendaraan yang melanggar lalu lintas dan mendeteksi jenis kendaraan.

Program ETLE yang mendapatkan perhatian dari Presiden RI, juga akan sangat membantu dalam pemetaan data kecelakaan dan menunjukkan keterkaitan antara tingginya pelanggaran dengan kecelakaan fatal yang terjadi.

Dengan adanya ETLE atau tilang elektronik, anggota Polantas lebih fokus menjalankan tugas mengatur lalu lintas, serta mengurangi interaksi anggota dengan masyarakat yang dapat menimbulkan potensi penyalahgunaan kewenangan. Tapi, bukan penghapusan tilang. Kedepan ETLE, akan dikembangkan dengan diterapkan di 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Pada acara yang digelar virtual, di OKU tampak dihadiri Ketua DPRD OKU, Kasdim 0403/OKU, Kapolres OKU, Asisten 1, Kasi Pidum Kejari OKU, Dansubdenpom Baturaja, OPD terkait. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.