Tersisa Hanya 13 Desa Tertinggal di Muratara

Badan pemerdayaan Masyarakat Pemerintah Desa dan kelurahan (BPMPD-K) Muratara Suhardiman

Muratara, Sumselupdate.com – Dari sebanyak 82 desa yang berada di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), tinggal 13 desa yang masih terkategori sebagai desa tertinggal. Demikian sebut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa dan Kelurahan (BPMPD-K) Muratara, Suhardiman.

“Sebanyak 82 desa yang berada di Bumi Berselang Serundingan, yaitu di tujuh kecamatan, masih 13 desa yang dikategorikan sebagai desa tertingal. Dan 13 desa tersebut tersebar di lima kecamatan,” kata Suhardiman saat dijumpai di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, Kabupaten Muratara yang memiliki tujuh kecamatan, ada lima kecamatan yang memiliki desa tertinggal dan yakni sebanyak 13 desa tertinggal.

“Dua kecamatan yang sudah tidak ada desa tertingalnya yakni Kecamatan Rupit dan Kecamatan Nibung, Sedangkan lima kecamatan yang memiliki desa tertinggal yakni Kecamatan Rawas Ilir : Desa  Ketapat Bening, Desa Mekar Sari, Desa Batu Kucing dan Desa Beringin Sakti. Kecamatan Karang Dapo : Desa Biaro lamo. Kecamatan Ulu Rawas : Desa Jangkat, Desa Sesokan, Desa Kuto Tanjung dan Desa Muara Kuis. Kecamatan Rawas Ulu : Desa Karta Dewa, Desa Sungai Lanang dan Desa Pangkalan serta Kecamatan Karang Jaya : Desa Bukit Langkap,” jelasnya.

Lanjutnya menerangkan, ada beberapa indikator realitas penilaian desa tertinggal seperti Pelayanan Dasar, Kondisi infrastruktur, akses transportasi, pelayanan umum dan penyelengaraan pemerintahan.

“Lima indikator tersebutlah yang dijadikan penilaian daerah/desa tertinggal. Keterangan yang kita dapat dari Bappeda”, ungkapnya.

‎Lanjutnya ia mengatakan, desa-desa tertinggal tersebut akan menjadi daerah sasaran utama yang akan difokuskan, untuk mengentaskan ketertinggalan bagi Desa tersebut.

“Sebanyak 13 desa tertinggal tersebut akan dijadikan daerah sasaran yang akan di fokuskan dalam pembangunannya. Hal tersebut kita lakukan untuk menghilangkan desa-desa tertinggal di Kabupaten Muratara ini, meski kita baru berkembang,” ucapnya.

Sementara itu PLT Sekda Muratara Abdulah Matcik mengatakan Pemerintah Kabupaten Muratara akan memfokuskan untuk pembagunan di desa-desa tertinggal tersebut.

“Kita memfokuskan desa-desa tertinggal tersebut terlebih dahulu, namun secara bertahap seperti saat ini kita lagi fokus dalam pembangunan infrastruktur dan yang pasti kita tidak menargetkan, namun lima tahun ke depan insya allah semua desa tersebut tidak tertinggal lagi,” pungkasnya. (Ain)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.