Ternyata Ini Pemicu Duel Maut di Perkebunan PT Elap Plasma Empat Lawang, Motifnya Bikin Miris!

Kapolres Empat Lawang AKBP Helda Pryitno saat press realese penangkapan Peri Yandi alias Goyek di Mapolres Empat Lawang, Jumat (2/9/2022) siang.

Laporan: Mutaqim Alparizi

Tebingtinggi, Sumselupdate.com –  Kasus pembunuhan Adi Putra, warga Desa Gunung Meraksa Baru, Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang pada 10 Desember 2020 silam di Jalan Perkebunan PT Elap Plasma Divisi 1 Bukit Gadung Desa Jarakan, Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang, akhirnya motifnya terungkap.

Read More

Pemicu pembunuhan yang dilakukan Peri Yandi alias Goyek (39), warga Desa Jarakan, Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), ternyata lantaran korban tidak senang ditegur pelaku untuk mengambil buah sawit milik perusahaan.

Terungkapnya motif dendam dari korban ini dikemukakan tersangka Goyek dalam press realese yang dipimpin Kapolres Empat Lawang AKBP Helda Pryitno di Mapolres Empat Lawang, Jumat (2/9/2022) siang.

“Aku tegur jangan lagi ambil buah. Karena kalo ambil buah nanti aku yang ganti dipotong gaji. Nah karena tidak terima ditegur  korban menantang saya dan menghadap laju sepeda motor aku. Namun saat korban menikam aku tangkis dan aku balas,” ujarnya.

Sementara itu, dalam press realese-nya Kapolres Empat Lawang AKBP Helda Pryitno mengungkapkan jika tersangka Goyek sempat buron selama dua tahun atas kasus pembunuhan Adi Putra.

Goyek disergap di tempat persembunyiannya dalam pondok Talang Matang Ubang, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang pada Kamis (1/9/2022) sekitar pukul 03.00 WIB.

Menurut AKBP Helda, kasus pembunuhan yang dilakukan Goyek terjadi pada 10 Desember 2020 silam di Jalan Perkebunan PT Elap Plasma Divisi 1 Bukit Gadung Desa Jarakan, Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang.

Kasus ini bermula pada saat tersangka Goyek sedang mengendarai sepeda motor sendirian dari Camp PT Elap Plasma hendak pulang menuju rumahnya di belakang Pasar Pendopo, Kelurahan Pendopo, Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang.

Sesampainya di TKP tepatnya di jalan perkebunan sawit PT Elap Plasma, sudah ada korban Adi Putra sendirian tengah menunggu tersangka dengan memegang satu bilah senjata tajam jenis pisau atau wali.

Melihat korban, tersangka memberhentikan sepeda motor yang kendarainya. Nah, pada saat tersangka masih berada di atas sepeda motornya, korban Adi Putra langsung melakukan penikaman terhadap tersangka dengan menggunakan senjata tajam jenis pisau ke arah bagian perut tersangka.

Akan tetapi tersangka berhasil menghindar dan menangkis tusukan yang dilayangkan oleh korban dengan menggunakan tangan kiri.

Tak pelak, tangan kiri tersangka terluka dan kemudian tersangka berhasil memegang tangan kanan korban korban.

Selanjutnya, pelaku secepat kilat mengeluarkan satu bilah senjata tajam jenis rambai ayam bergagang kayu warna hijau dan bersarung kulit warna coklat dengan panjang ± 30 sentimeter dari pinggang sebelah kirinya.

Kemudian, tersangka langsung melakukan penusukan sebanyak satu kali hingga mengenai perut sebelah kiri bagian atas korban.

Mendapat serangan tersebut, tubuh korban terjatuh dalam posisi tertelungkup menghadap ke tanah dengan usus terburai.

Melihat seterunya tak berdaya, pelaku langsung pergi meninggalkan korban dengan memutar arah kembali lagi ke camp PT Elap Plasma dengan mengendarai sepeda motor milik tersangka untuk memberitahukan kejadian tersebut kepada istrinya.

Usai peristiwa itu, pelaku langsung melarikan diri ke kebun milik tersangka yang berada di Talang Pesirah Desa Jarakan, Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang.

Usai melarikan diri, tepatnya Kamis (1/9/2022) sekitar pukul 03.00 WIB di Talang Matang Ubang, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, petugas mendapat informasi keberadaan pelaku.

Setelah cukup alat bukti, Tim Opsnal Polres Empat Lawang yang langsung dipimpin Kasat Reskrim AKP M Tohirin dan Kanit Pidum Ipda Ulta Deanto segera melakukan penangkapan terhadap pelaku yang saat itu berada di tempat persembunyiannya dalam pondok Talang Matang Ubang, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang.

Sampai di TKP, anggota langsung menerobos masuk dan melakukan penangkapan terhadap Peri Yandi dan membawa pelaku untuk dimintai keterangannya lebih lanjut. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.