Terminal Tipe A Baturaja Diambil Pusat, Pemkab OKU Terancam Rugi 150 Juta Per Tahun

Kepala Dinas Perhubungan OKU Firmansyah ST

Baturaja, Sumselupdate.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) bakal kehilangan aset besar berupa Terminal Tipe A Batu Kuning. Ini karena sistem pengoperasian dan pengelolaanya diambil alih Dirjen Hubungan Darat (Dirhubdar) Kementerian Perhubungan RI.

Rencana perpindahan status pengelolaan Terminal Tipe A Batukuning hingga Senin (18/7) kemarin sedang dalam proses administrasi. Bahkan dijadwalkan, paling lambat bulan Oktober 2016 aset yang dibangun pemerintah daerah melalui dana APBD OKU tahun 2004/2005 itu sudah beralih “penguasaan”. Dampaknya, daerah akan kehilangan aset dan penghasilan berupa uang retribusi senilai 150 juta/tahun yang selama ini dipungut dari retribusi terminal.

Kepala Dinas Perhubungan OKU Firmansyah ST Senin ( 18/7) yang dikonfirmasi terkait rencana Pusat mengambil alih pengelolaan terminal Tipe A Batukuning, pun tidak menampik. Pihaknya mengaku harus pasrah karena dihadapkan dengan aturan.

“Memang iya, sekarang proses penyerahan terminal tipe A ke Pemerintah Pusat masih dalam tahap kelengkapan administrasi. Kemungkinan besar akhir tahun ini seluruh persyaratanya sudah selesai dan status pengelolaanya sudah berubah, sekaligus tanggungjawanya bukan lagi kewenagan daerah, melainkan jadi wewenang Pemerintah Pusat” kata Firman.

Dampak alih fungsi terminal ini, kata Firman, sedikitnya terdapat 63 pegawai yang juga memilih status “hengkang” jadi pegawai pusat. Mereka terdiri atas 13 orang berstatus PNS dan 50 orang berstatus pegawai honorer.

“Kalau yang PNS sudah bisa saya pastikan menjadi Pegawai Pusat, hanya saja yang 50 orang honorer ini masih terjadi tarik ulur karena Pemerintah Pusat belum bisa menerima begitu saja dengan alasan tertentu. Namun, mereka tetap berusaha supaya tenaga honorer ini nanti tetap menjadi bagian yang tak terpisahkan dari 13 PNS yang alih status kepegawaiannya”, kata Firman. (Yan)

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.