Terjadi Penurunan Peminat Angkutan Umum Darat di Musim Mudik 2016

Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Selatan, Nasrun Umar

Palembang, Sumselupdate.com – Arus mudik menggunakan angkutan umum darat mengalami penurunan hingga 3 persen dari tahun sebelumnya, penurunan tersebut diperkirakan karena para pemudik lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti kereta api dan pesawat.

Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Selatan, Nasrun Umar, Selasa (5/7) mengatakan ada penurunan volume minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum sebagai transportasi mudik lebaran, karena masyarakat kini lebih banyak beralih ke kendaraan pribadi dan pesawat.

Menurutnya dengan selisih harga yang tidak cukup jauh dan alasan waktu, maka masyarakat cenderung pindah untuk menggunakan angkutan umum lainnya seperti pesawat dan kereta api serta kendaraan ptibadi.

“Saya kira karena selisih waktu dan harga yang menjadi alasan mesyarakat beralih ke angkutan udara dan kereta api,” katanya.

Namun meski demikian pihak Dinas Perhubungan Sumsel masih tetap akan memantau serta mengatur arus mudik agar tetap lancar hingga sampai ke tujuan masing-masing sesuai rencana.

Untuk menghindari kemacetan, masyarakat juga dihimbau untuk mewaspadai pasar tumpah di sejumlah daerah dan hindari masuk jalur dalam kota pada saat tertentu karena kendaraan padat.

“Dijam tertentu akan terjadi kepadatan, oleh karenanya hindari pasar tumpah dan jalur dalam kota,” urainya.

Sementara itu, guna mengurai agar tidak terjadi kemacetan, sejak H-5 pihak Dishub telah menginstruksikan pelarangan kendaraan truk selain truk sembako melintas di jalan umum.

Serta menempatkan personil gabungan di daerah pasar tumpah dan sejumlah titik yang dianggap padat. (adi)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.