Sungai Rawas Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Melupanya Sungai Rawas membuat pemukiman warga banjir

Laporan Marwan Ashari

Muratara, Sumselupdate.com – Akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir, Sungai Rawas meluap hingga membuat  ratusan rumah di Kelurahan Karang Dapo, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Muratara terendam banjir, Rabu (25/11/2020). Ketinggian air diperkirakan setinggi dada orang dewasa.

Bacaan Lainnya

Menurut seorang warga Desa Karang Dapo, Muhammad Arifta, air  sudah naik dari kemarin (Red) sampai pada saat ini volume air terus meningkat.

“Ketinggian dari satu meter sampai satu setengah meter,” ungkap Arifta.

Dirinya mengatakan, jika di lokasi tesebut merupakan daerah langgaaan banjir. Menurutnya, sudah menjadi kebiasaan banjir setiap datang musim penghujan yang tiap tahun terjadi.

“Kami khawatir jika debit air terus naik maka akses perekonomian sebagian masyarakat desa dan kelurahan bisa terganggu, tidak menutup kemungkinan akan macet total,” ungkap Arif.

Sementara itu Camat Karang Dapo Husni Haikal mengatakan bahwa banjir yang terjadi sudah tidak heran lagi bagi masyarakat Karang Dapo khusunya, apalagi memasuki musim penghujan.

Untuk itu, sebagian dari masyarakat tidak kaget dengan  kedatangan bencana yang satu ini, karena menurut pengalaman warga cuaca alam normal saja.

“Kita selaku pemerintahan sudah mengantisipasi dan juga memikirkan dampak dari banjir ini. Yang jelas perekonomian dan aktifitas warga terganggu, yang mau ke kebun, ladang, dan aktifitas lainnya,”jelasnya.

Dia menambahkan pemerintah sudah menyiapkan tempat penampungan warga, jika sewaktu-waktu keadaan makin parah.

Untuk jumlah rumah yang terendam banjir pada saat ini kurang lebih ratusan rumah sepanjang bantaran sungai di Karang Dapo.

“Kita akan terus menghimbau kepada masyarakat supaya terus waspada, walaupun kondisi saat bisa dikatakan aman,” tutup Camat.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.