Sungai Musi Meluap, 30 Kelurahan di Palembang Tergenang Banjir

Penulis: - Selasa, 30 Januari 2024
Banjir di kawasan Panca Usaha, Kecamanatan Seberang Ulu I Palembang, Sumsel.

Palembang, Sumselupdate.com – Sungai Musi mengalami kenaikan debit air dan menyebabkan genangan banjir di 13 kecamatan dan 30 kelurahan se-Kota Palembang.

Kepala Bidang Penangganan Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Sudirman menyebutkan genangan banjir yang merendam 13 kecamatan tersebut bukan karena hujan, melainkan air pasang di Sungai Musi atau debit air yang naik.

Bacaan Lainnya

“Dari luapan air Sungai Musi itu membuat rumah warga terutama di pinggiran sungai dan anak sungai mengalami genangan air,” ungkapnya Selasa (29/1/2024)

Dengan naiknya debit air Sungai Musi, Sudirman mengimbau warga Palembang yang tinggal di pinggiran sungai harus lebih waspada, apalagi ketika hujan turun dengan intensitas deras dengan durasi lama.

“Hujan deras dan air sungai pasang ini akan terjadi hingga akhir bulan ini jadi diharapkan masyarakat dapat waspada dan berhati-hati,” katanya.

Baca Juga: 120 Lokasi TPS Terendam Banjir, Langkah Ini yang Diambil Forkompinda Palembang

Baca Juga: Muara Sungai Musi Pasang Hingga 1 Februari 2024, Masyarakat Palembang Waspada Banjir!

Sementara itu, Kadis PUPR Palembang Akhmad Bastari menerangkan 13 kecamatan dan 30 kelurahan yang terdampak genangan air di antaranya Ilir Barat (IB) I, IB II, Seberang Ulu (SU) I, SU II, Sematang Borang, Sako.

“Kemudian, Ilir Timur (IT) I, II, III, Jakabaring, Kertapati, Plaju, dan Kalidoni,” tutupnya (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.