Soal Banjir Hoaks, Siska Soroti Lemahnya Sharing

Wakil Komite IV DPD RI, Siska Marleni.

Palembang, Sumselupdate.com – Semakin menjalarnya budaya Hoaks atau warta dusta yang banjir di sosial media membuat keprihatian berbagai kalangan. Pasalnya, budaya Hoaks ini tanpa disadari akan merusak pola pikir terutama generasi muda.

Guna menangkal hal tersebut perlu adanya pola gerakan besar-besaran untuk bersama menolak dan bijak dalam mendapatkan informasi terutama yang mengandung warta dusta.

Bacaan Lainnya

Demikian dikatakan oleh Wakil Komite IV DPD RI, Siska Marleni, Selasa (4/12/2018). Menurutnya, Hoaks telah merambah ke hampir semua media sosial.

“Pertama kita prihatin ya, tapi kita harus memiliki tanggung jawab untuk menangkal Hoaks dan menciptakan kondusif. Kalau kita tidak bisa mengajak orang, minimal dari diri kita sendiri,” ajaknya.

Menurutnya, ada hal yang paling penting yang harus generasi milenial tahu bahwa setiap menerima informasi, baik itu broadcast WhatsApp, Facebook, Instagram yang belum tentu kebenarannya maka jangan disebarkan.

“Artinya harus ada kontrol. Saring sebelum share,” terangnya.

Artinya, seorang generasi muda harus bijak menghadapi era literasi di zaman milenial ini. Era dimana perubahan informasi dan teknologi semakin cepat.

“Teknologi semakin canggih, tapi keterampilan membaca, menulis dan berbicara kurang. Tinggal kita bijak untuk menambah wawasan. Karena kita tidak hidup di laskar pelangi,”pungkasnya. (sbw)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.