Perekaman E KTP di Palembang Dikebut

Selasa, 4 Desember 2018
Sekretaris Disdukcapil Kota Palembang, Santi Zahara

Palembang, Sumselupdate.com – Jelang pelaksanaan Pemilu 2019, perekaman data kependudukan KTP Elektronik di Palembang terus dikebut. Prioritas perekaman data difokuskan pada penduduk baru berusia 17 tahun sebagai pemilih pemula.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, Santi Zahara, mengungkapkan, jumlah perekaman data KTP Elektronik saat ini telah mencapai 99,8 persen dan sisanya masih akan dikejar dengan cara jemput bola.

Bacaan Lainnya

Santi mengatakan, berbagai cara dilakukan agar masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan akses perekaman data KTP Elektronik seperti membuka pelayanan ditengah masyarakat saat gotong royong atau datang langsung ke sekolah-sekolah.

“Untuk mengakomodir semua, kami buka pelayanan setiap hari Minggu saat jadwal gotong royong Walikota atau Wakil Walikota. Sebelumnya kami juga buka pelayanan di mal selama 15 hari dan juga kami lakukan di sekolah-sekolah. Tahun ini kami turun di 15 sekolah,” ujar Santi di Palembang, Selasa (4/12/2018).

Lebih lanjut, masih menurut Santi, jumlah penduduk wajib E KTP di Palembang berjumlah 1,1 juta penduduk. Jumlah penduduk yang belum melakukan perekaman data diakuinya sangat kecil dan sebagian dari yang belum melakukan perekaman karena sedang dalam tugas atau belajar diluar kota.

“Upaya jemput bola tetap kami akan lakukan sampai jelang Pileg dan Pilpres, khususnya diutamakan kepada pemilih pemula,” beber Santi.

Terkait ketersediaan blangko yang sempat menjadi kendala dalam pencetakan KTP Elektronik, Santi mengaku jumlah blangko yang tersedia tidak terlalu banyak. Meski demikian, dirinya memastikan jumlah blanko yang tersedia saat ini masih mencukupi untuk kebutuhan pelayanan masyarakat.

“Jumlahnya tidak begitu banyak, tapi cukuplah untuk melayani kebutuhan masyarakat baik untuk perubahan elemen, hilang atau pun yang baru memiliki KTP Elektronik,” pungkasnya. (adi)

 

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.