SMK Negeri 1 Penukal Gandeng PT AHM

Abu Hanifah ketika penandatangan MOU antara SMK Negeri 1 Penukal dan PT AHM, Kamis (18/2).

PALI, Sumselupdate.com -Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Penukal Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Aban Lematang Ilir (PALI) resmi menggandeng perusahaan otomotif, PT Astra Honda Motor (AHM).

Kerja sama it tertuang dalam penandatangan MOU Kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Honda antara SMK Negeri 1 Penukal dengan PT AHM di lapangan SMK yang baru berusia enam tahun itu, Kamis (18/2).

Bacaan Lainnya

Dalam kerja sama tersebut, PT AHM memberikan beberapa fasilitas ke SMK Negeri 1 Penukal, di antaranya satu buah motor Honda Vario, fasilitas bengkel, spare part, dan buku kurikulum TSM Honda, yang mana buku tersebut akan menjadi acuan sekolah dalam mata pelajaran teknik otomotif sepeda motor.

Ir Yanes Mahendra, Tecnical Training PT AHM Region Sumatera mengatakan MOU antara AHM dengan SMK Negeri 1 Penukal merupakan Satu Hati Education Program yang mana pihak AHM memberikan fasilitas ke sekolah.

“Di kita ada yang namanya kurikulum TSM Honda, yang mana kurikulum ini khusus berdasarkan mata pelajaran Dinas Pendidikan disesuaikan dengan teknologi motor honda. Mempelajari teknik kerangka, teknik mesin, dan teknik listrik,” beber Yanes dibincangi sumselupdate.com usai acara.

Dari kerja sama ini, Yanes berharap bisa menghasilkan output yang siap bekerja. “Ada tiga tujuan yang menjadi target kami dengan siswa dan siswi dari SMK Negeri 1 Penukal yaitu setelah lulus dari sekolah siap untuk bekerja, menjadi wira usahawan untuk membuka sendiri dan tentunya siap untuk melanjutkan ke perguruan tinggi,” harap Yanes.

Jhon Areli, SPd kepala SMK Negeri 1 Penukal mengatakan rencana untuk kerja sama dengan PT AHM berawal sejak 2014 lalu.

“MOU, berawal kunjungan study pada tahun 2014 ke Pabrik Astra di Palembang kemudian kita wacanakan, namun dengan beberapa syarat. Secara berangsur, akhirnya syarat itu terpenuhi salah satunya membangun bengkel pada tahun 2015 di sekolah. Dan Alhamdulillah MOU antara PT. AHM dengan SMK Negeri 1 Penukal bisa terealisasi,” tuturnya.

“Ke depan, kita harapkan kerjasama tidak hanya dari perusahaan bermotor, tapi juga perusahaan bermobil seperti Toyota,” tandasnya.

Drs. Abu Hanifah, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan kabupaten PALI merasa bangga atas prestasi yang ditorehkan SMK Negeri 1 Penukal.

“Ini merupakan kebanggaan bagi Bumi Serepat Serasan, karena bisa menggandeng PT AHM yang kita tahu Honda salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia. Ini semua berkat perjuangan dari pak Jhon Areli sebagai kepala sekolah, dan disupport seluruh civitas guru di SMK Negeri 1 Penukal,” beber Abu.

Abu juga mengucapkan terimakasih kepada pihak honda yang telah bersedia membantu kabupaten PALI terutama di dunia pendidikan.

“Terimakasih atas bantuannya, semoga kerja sama ini tetap berkelanjutan dan output yang dihasilkan dari SMK bisa siap bersaing di dunia pekerjaan dan industri,” harap Abu. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.