Seratus Karyawan XL Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Sabtu, 20 Februari 2016
CEO XL Dian Siswarini di Acara National Media Gathering di Belitung.

Belitung, Sumselupdate.com – Tampaknya, di tengah kondisi perekonomian yang tengah lesu. Beberapa perusahaan melakukan pengetatan anggaran dan restrukturisasi SDM. Isu itu kini tengah menerpa perusahaan telko XL Axiata. Sebanyak seratus orang karyawan XL di dikabarkan mengundurkan diri. Apakah sedang terjadi krisis di perusahaan seluler terbesar kedua di Indonesia itu?

Dalam acara National Media Gathering XL 2016 yang digelar di Belitung, sebagaimana dikutip dari portal berita liputan6com,  CEO XL, Dian Siswarini, mengungkap jawabannya. Dian membenarkan bahwa ada pengurangan karyawan di perusahaannya. Bukan karena perusahaan sedang krisis, melainkan bagian dari proses transformasi yang sedang dijalankan perusahaan.

Bacaan Lainnya

“Tahun 2015 merupakan tahun transformasi bagi XL, tidak hanya di business model, tapi juga di SDM (sumber daya manusia)”, ujar Dian menjawab pertanyaan para wartawan.

Sejauh ini, kata Dian, di awal tahun 2016 sudah ada 100 orang karyawan XL yang mundur sukarela. Karyawan yang mengundurkan diri sukarela bahkan berada di level general manager dan vice president. Dan proses ini diklaim berjalan damai.

Lebih lanjut Dian menjelaskan, transformasi dilakukan sejak ia didapuk menjadi CEO XL Axiata per April 2015. Time frame transformasi dirancang dalam jangka 3 tahun. Menurut dia, perusahaan harus bergerak cepat menyesuaikan diri karena perubahan dan perkembangan teknologi cepat sekali terjadi.

Seiring proses transformasi inilah, banyak terjadi refreshment. Perusahaan harus mencari SDM yang kapabilitasnya sesuai dengan kebutuhan dan visi-misi.

“Dalam masa itu banyak karyawan yang bisa menyesuaikan diri, tapi ada juga yang tidak bisa berubah, sehingga ada beberapa karyawan yang terpaksa dilepas,” ujar wanita yang hobi bermain golf ini.

Dian berulang kali menegaskan bahwa pengurangan ini bukanlah proses PHK. Pasalnya XL juga masih tetap merekrut talenta-talenta baru sesuai kebutuhan yang ingin dicapai perusahaan.

XL adalah salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia. XL mulai beroperasi secara komersial pada 8 Oktober 1996. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (Axiata Group) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,5%) dan publik (33,5%). Jumlah karyawan XL saat ini mencapai lebih dari 2.000 orang. (adm3)


Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.