Selebgram Cantik yang Terjerat Kasus Investasi Butik Bodong Ternyata Residivis Kasus Arisan Online

Kapolsek Ilir Barat I Palembang Kompol Roy A Tambunan saat jumpa pers yang menghadirkan tersangka Alnaura Karima Pramesti alias Ka Nau (kanan), Sabtu (15/1/2022) malam.

Laporan: Diaz Erlangga

Palembang, Sumselupdate.com – Berkedok bisnis butik pakaian dari Turki, Selebgram cantik asal Kota Palembang ini menilap uang miliaran rupiah milik para pengikutnya di jejaring media sosial Instagram.

Read More

Alnaura Karima Pramesti (30) alias Ka Nau, warga Jalan Swadaya, Kelurahan Srijaya, Kota Palembang, Sumatera Selatan menjadi terlapor dari kasus dugaan investasi butik bodong.

Alnaura telah ditetapkan tersangka setelah memenuhi panggilan tim penyidik Polsek Ilir Barat I Palembang pada Jumat (12/1/2022).

“Setelah dilakukan pemeriksaan berdasarkan bukti-bukti dan hasil dua kali gelar perkara dari tim penyidik, terlapor statusnya dinaikkan menjadi tersangka,” ungkap Kapolsek Ilir Barat I Palembang Kompol Roy A Tambunan saat jumpa pers yang menghadirkan tersangka.

Pemilik akun Instagram @Alnauraakp dengan pengikut 75 ribu lebih pengguna Instagram menyakinkan para mangsanya untuk terjerumus dalam investasi bodong bisnis butik miliknya dengan nama NauNau.Indo.

“Ada semacam perjanjian, berupa bisnis jual beli pakaian atas penawaran yang ditawarkan oleh pelaku, hingga korban tertarik, namun di dalam perjalanannya ada yang tidak sesuai dengan harapan,” kata Kapolsek.

Dengan menawarkan keuntungan perbulan sembilan persen dari nilai investasi yang diterima, tak sedikit para pengikutnya di Instagram yang menjadi korban dari pelaku.

“Untuk korban yang melapor di Polsek IB I Palembang kerugian yang melapor di polsek kami Rp48.2 juta, namun ada beberapa saksi yang juga menjadi korban dengan melaporkan di satuan lain, di sini akan kami jadikan saksi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kompol Roy A Tambunan menyebutkan tersangka merupakan residivis dengan kasus hampir serupa pada 2017 atas kasus dugaan penipuan berkedok arisan online.

“Dari keterangan tersangka juga sudah pernah ditahan dengan kasus serupa di tahun 2017,” ungkapnya.

Kompol Roy juga menunjukkan beberapa bukti untuk menjerat Alnaura alias Ka Nau, mulai dari sebuah capture postingan profit bisnis butik, rekening koran Bank mandiri milik korban CG, serta capture percakapan WhatsApp antara CG dan pelaku.

Sementara atas ulahnya tersebut, tersangka dikenakan pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan hukuman penjara paling lama empat tahun bui.

Sementara itu, pengakuan dari tersangka Alnaura dari bisnis butik, jumlah investor yang merupakan pengikutnya akun Instagramnya sudah lebih dari 50 orang, di mana dengan aturan untuk investasi terendah Rp10 juta.

“Awalnya Naura open invest di instastory akun saya, dan saya kadang-kadang tidak kenal sama sekali dengan investor saya, itu kalau ditotal dari 50 member saya dengan uang hampir Rp1 miliar,” ungkapnya

Kendati demikian, selebgram cantik ini membantah uang investasi yang diterimanya di pakai untuk berlibur ke Turki.

Dia berdalih ke negara Turki karena memiliki bisnis lain, serta mengumpulkan uang untuk mengganti kerugian dari para investornya.

“Selain membuka butik saya punya usaha lain, jadi kemarin ke Turki itu cari uang dengan tujuan pulang untuk membayar member, dari sejumlah member itu hanya beberapa yang tidak mau dicicil,” kelitnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.