Selama 2020, Penyalahgunaan Narkotika Masih Mendominasi Kasus Pidana Umum

Kasi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Palembang, Agung Ary Kesuma, SH

Palembang, Sumselupdate.com – Selama tahun 2020 ada sekitar seribu lebih perkara tindak pidana umum yang tercatat di Kejaksaan Negeri Palembang. Hal ini diungkapkan langsung Kasi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Palembang, Agung Ary Kesuma, SH, Jumat (8/1/2021).

Menurutnya, selama tahun 2020 kasus pidana umum yang telah ditangani oleh pihak Kejari Palembang

Bacaan Lainnya

“Tahun 2020, tercatat ada 1.846 perkara tindak pidana umum yang terima di Kejaksaan Negeri Palembang,” katanya.

Ia juga mengatakan, dari jumlah tersebut, narkotika masih menjadi perkara yang mendominasi dengan jumlah lebih dari 500 perkara. Sedangkan untuk sisanya merupakan tidak pidana pencurian dan keterkaitan umum lainnya.

Jika dibandingkan pada tahun 2019 lalu, perkara tindak pidana umum yang tercatat di Kejaksaan Negeri Palembang, ada kenaikan hingga 10 persen, di mana ada peningkatan dari 1.735 perkara di tahun 2019, menjadi 1.846 perkara di tahun 2020.

“Dari jumlah tersebut maka dapat kita lihat ada kenaikan sekitar 10 persen, pada tindak pidana umum di Kota Palembang selama tahun 2020,” jelas Ary.

Seperti yang diketahui di tahun 2020, dunia digemparkan dengan adanya wabah Covid-19, yang membuat pemerintah, khususnya di Indonesia sendiri untuk mengambil tindakan membatasi aktivitas masyarakatnya untuk berada di luar ruangan.

Hal ini membuat sebagian aktivitas terutama di bidang perekonomian menjadi terganggu.

Banyaknya perusahaan yang memutus kontrak kerjanya, dan tidak sedikit perusahaan atau usaha milik masyarakat mengalami kebangkrutan.

Hal ini menjadi salah satu faktor susahnya mencari lowongan pekerjaan selama di tahun 2020 dan semakin sulitnya tingkat perekonomian masyarakatnya.

“Tidak bisa dipungkiri jika ekonomi menjadi alasan utama bagi pelaku, untuk melancarkan niat jahatnya. Dapat dikatakan Pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor naiknya tindak kejahatan,” tutupnya. (ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.