Sat Narkoba Polres Pagaralam Temukan Pohon Ganja di Atas Plafon Rumah

Suasana press konfrence terkait ungkap kasus ladang ganja di halaman Mapolres Pagaralam, Senin (29/3/2021).

Laporan: Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Untuk ketiga kalinya Polres Pagaralam di bawah pimpinan AKBP Dolly Gumara, SIK, MH berhasil mengungkap kasus narkoba golongan satu yaitu ganja di wilayah hukumnya.

Bacaan Lainnya

Namun kali ini pengungkapan kasus tanaman ganja ini cukup unik. Pelaku yang bernama Suriadi (34), warga Desa Mekar Alam, Kota Pagaralam menanam ganja di atas plafon rumahnya guna mengelabui petugas.

Namun berkat laporan warga sekitar yang sering melihat adanya transaksi narkoba di lingkungan mereka, membuat Sat Narkoba Polres Pagaralam melakukan penyelidikan dan menemukan ganja yang ditanam pelaku.

Dari hasil penangkapan pelaku, petugas menemukan ladang ganja dan mengamankan sedikitnya 40 batang ganja dengan berbagai ukuran.

Suasana press konfrence terkait ungkap kasus ladang ganja di halaman Mapolres Pagaralam, Senin (29/3/2021).

Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara, SIK didampingi Kasat Narkoba Iptu Faizal Kamil, SH saat menggelar press konfrence di halaman Mapolres Pagaralam, Senin (29/3/2021), mengatakan, penemuan ladang ganja ini hasil dari pengembangan atas tersangka Suriadi (34), warga Mekar Alam, Kecamatan Pagaralam Selatan.

Di mana dari kediaman Suriadi, petugas berhasil mengamankan 17 batang pohon ganja setinggi satu meter.

“Tersangka ini menanam ganja di atas plafon rumahnya untuk mengelabui petugas. Namun anggota kita berhasil menemukan tanaman ganja siap panen milik tersangka,” ujarnya.

Dari keterangan Suriadi, polisi berhasil menemukan perkebunan yang ditanami ganja yang berada di wilayah Dempo Selatan dan dari perkebunan warga ini polisi berhasil menemukan ganja sebanyak 23 pohon ganja dengan ukuran kurang lebih 100 sentimeter.

“Hasil pengembangan kami mendapatkan nama pelaku lain yaitu Andre. Pelaku ini menanam ganja di kebun miliknya yang ditanam di sela tanaman kopi,” katanya.

Di kebun tersangka Andre yang saat ini masih DPO anggota berhasil 23 batang ganja yang baru saja disemai.

Barang bukti ganja.

“Dari dua tersangka ini kita mengamankan sedikitnya 40 batang pohon ganja yang siap dikonsumsi, kotak HP dan HP, satu unit sepeda motor Honda Merk Revo dan satu buah tang solo serta beberapa bibit ganja yang baru ditanam dan atas perbuatan ini tersangka terancam hukuman seumur hidup,” tegas Kapolres.

Di tempat yang sama, Kasat Narkoba Polres Pagaralam Iptu Faizal menambahkan dalam pengungkapan kasus ini pihaknya harus menempuh perjalanan sejauh 10 kilometer dengan jarak tempuh sekitar tiga jam dari jalan aspal dan ditanam di sela sela tanaman kopi.

“Keberhasilan ini merupakan kerja keras dari para tim dalam melakukan pemberantasan dan peredaran narkoba yang berada di wilayah Pagaralam juga kepada masyarakat untuk melaporkan apabila ada hal hal yang dicurigai,” ujar Kasat Narkoba. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.