Sarman: Peran Media Bagi Pembangunan Daerah Sangat Penting

Ilustrasi Lomba Karya Jurnalistik.

Jakarta, Sumselupdate.com – Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mengajak para jurnalis untuk mengikuti lomba menulis jurnalistik.

Ini sebagai komitmen asosiasi dalam membina hubungan silaturahmi dengan media massa, sekaligus mewujudkan dukungan konkrit bagi pembangunan di berbagai daerah melalui publikasi informasi aktual, akurat, kritis, dan konstruktif.

Bacaan Lainnya

Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang menjelaskan, peran media bagi pembangunan daerah sangat penting sebagai sumber informasi dan publikasi.

“Media massa adalah mitra strategis bagi Apkasi sebagai sumber informasi, sehingga perannya dapat mendukung koordinasi yang baik antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat,” kata Sarman.

Sebagai wujud apresiasi dan menjalin hubungan di masa mendatang, Apkasi mengadakan lomba tulis Anugerah Jurnalistik Apkasi (AJA) 2021.

Lomba akan mengambil tema ‘Kebangkitan Ekonomi Daerah dalam Mendukung Pembangunan Nasional’ sehingga bisa memberikan gambaran mengenai kerja, potensi dan kendala yang dihadapi pemerintah kabupaten di daerah-daerah.

“Melalui AJA, kami berharap teman-teman media dapat menghasilkan karya jurnalistik yang lebih berkualitas, menggali potensi daerah dengan berbagai persoalan, serta membuka wawasan publik dalam memberikan solusi untuk kebangkitan ekonomi, dan pembangunan di daerah,” tutur Sarman.

Lomba tulis AJA dibuat dalam dua kategori, yaitu penulisan artikel (indepth) di media massa cetak dan media online.

Pemenang lomba berjumlah tiga orang, dengan hadiah pertama uang tunai senilai Rp10 juta. Lomba ini berlaku bagi seluruh media nasional dan lokal baik cetak ataupun online yang sudah terdaftar di Dewan Pers.

Adapun ketentuan umum lomba mengisi formulir pendaftaran dan Surat Keaslian Karya yang telah disediakan sebagai bukti kepesertaan dengan men-download formulir di website Apkasi atau akan dikirim ke media masing-masing.

WNI yang bekerja di media massa nasional atau lokal, di Jakarta atau di daerah (cetak dan online).

Karya yang didaftarkan pernah dipublikasikan atau disiarkan di media massa pada rentang waktu 1 Januari-25 Juni 2021.

Penyerahan hasil karya jurnalistik peserta dikirimkan melalui email dengan alamat Email Lomba Tulis Apkasi: lomba.tulis.apkasi@gmail.com

Batas waktu pendaftaran dan penyerahan karya jurnalistik terakhir pada 25 Juni 2021.

Semua karya yang dikirimkan ke panitia harus orisinal bukan terjemahan, saduran atau rangkuman. Jika ada ralat atau koreksi harus disertakan untuk menjaga akurasi karya. Seluruh peserta harus menyatakan  karya jurnalistik yang didaftarkan karya original. (rel)

 

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.