Salut, Emak-emak di Pagaralam Ini Membuat Masker Kain Perca Hasil Kreasi Sendiri dan Dibagikan Gratis

Jumat, 27 Maret 2020
Mahani sedang membuat masker sendiri dari bahan kain perca lalu dibagikan gratis kepada yang membutuhkan, Jumat (27/3/2020).

Pagaralam, Sumselupdate.com – Apa yang dilakukan ibu rumah tangga di Kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan ini sungguh inspiratif.

Semuanya berawal dari keprihatinan di tengah wabah virus Corona atau Covid-19, membuat banyak warga yang keluar rumah tanpa penutup mulut dan hidung.

Bacaan Lainnya

Adalah Mahani (70), warga Gang Jelita, Kelurahan Besemah Serasan, Pagaralam akhirnya berkreasi menciptakan masker sendiri.

Masker berbahan kain perca itu lalu dibagikan gratis kepada yang membutuhkan.

“Tiap pagi banyak ibu-ibu yang berkerumun di tukang sayur keliling. Sedikit sekali yang pakai masker. Saya kepikiran gimana bisa bikin (masker) dan berbagi dengan mereka,” ucapnya ditemui Sumselupdate.com di rumahnya, Jumat (27/3/2020).

Wak Ani, sapaan akrabnya, mengatakan untuk membikin masker dirinya tak asal comot bahan.

Kain yang digunakan harus berjenis kaos maupun beludru. Tujuannya agar nyaman dipakai. Selain itu pori-pori kain juga padat sehingga relatif cocok untuk penyaring.

Belasan masker yang dibagikan hari ini oleh Wak Ani,  masih skala seputaran keluarga dan tetangga sekitar.

Bahannya pun masih tersedia cukup banyak. Sisa-sisa kain tersebut rencananya akan kembali dibuat masker. Dia mengaku tidak berpikir untuk menjualnya meski banyak pesanan.

“Mulai kemarin ibu-ibu dari RT sebelah juga pesan minta dibikinkan. Insyaallah saya siap,” imbuh perempuan yang juga bekerja sebagai penjahit rumahan tersebut.

Mahani sendiri mengaku lebih nyaman jika mengenakan masker saat bertemu orang lain.

Apalagi jika dirinya berada di tengah kerumunan seperti saat membeli sayur ke pedagang keliling. Dia berharap dapat menularkan kebiasaan tersebut kepada orang lain.

“Jadi kalau pas kumpul ibu-ibu seperti saat ini kan terasa nyaman kalau sama-sama pakai masker,” ucapnya seraya berharap serangan virus Corona segera berlalu. (rico)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.