Sakit Hati Dipecat, Mantan Petugas Keamanan Gondol Puluhan Keping Seng Perumahan

DITEMBAK-Tersangka Andreas Escobar dilumpuhkan petugas dengan timah panas petugas Unit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel, Sabtu (29/8/2020).

Laporan: Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com-Enam bulan buron, Andreas Escobar alias Ucok (40) berhasil diringkus Anggota Unit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel pimpinan Kompol Baktiar di kawasan kebun sayur Jalan Noerdin Pandji, Kecamatan Sukarami, Palembang, Jumat (28/8/2020).

Bacaan Lainnya

Dalam penangkapan itu, tersangka dilumpuhkan dengan timah panas karena hendak menyerang anggota dengan pisau miliknya saat akan ditangkap.

Aksi pencurian dengan pemberatan (Curat) dilakukan Ucok bersama empat orang rekannya Ansori, Ilyas, Jack dan Wawan yang saat ini menjalani hukuman.

Tersangka Ucok saat menjalani pemeriksaan oleh petugas.

 

Tersangka yang berjumlah lima orang ini melakukan aksi pencurian puluhan keping seng dan instalasi listrik di perumahan Griya Karya Sejahtera, Talang Keramat, Banyuasin, pada Februari 2020.

Di hadapan polisi Ucok mengaku, ia melakukan pencurian seng di perumahan Griya Karya Sejahtera bersama empat orang rekannya. Tindakan itu mereka lakukan dilatarbelakangi sakit hati karena diberhentikan sebagai petugas keamanan.

“Kami ambil seng yang sudah terpasang malam hari, bautnya kami buka menggunakan bor. Sudah seng itu dibuka dan kami bawa dengan mobil,” ujar Ucok, Sabtu (29/8/2020).

Dikatakan Ucok, seng yang mereka ambil sebanyak 21 keping di rumah yang berbeda beda, namun semuanya berada di satu perumahan Griya Karya Sejahtera, Talang Keramat.

“Sebagian seng yang kami ambil sudah kami jual sama Herman. Yang jualnya bukan aku tapi kawan aku, aku cuma dapat bagian Rp500 ribu dari hasil jual seng itu,” kata residivis dalam kasus yang sama.

Sementara itu, Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Suryadi didampingi Kanit III Kompol Baktiar mengatakan, tersangka Ucok merupakan daftar pencarian orang (DPO) kasus Curat, yakni mencuri puluhan keping seng dan instalasi listrik di Perumahan Griya Karya Sejahtera, Talang Keramat, Banyuasin pada Februari 2020,

“Tersangka Ucok melakukan pencurian bersama empat orang rekannya yang sudah terlebih dulu ditangkap dan sudah menjalani hukuman,” katanya.

Suryadi menjelaskan, kelima pelaku mantan petugas keamanan perumahan karena dipecat. Karena sakit hati dipecat kelimanya melakukan pencurian. Tersangka Ucok sempat lari ke Jawa dan kembali ke Palembang

“Anggota mendapat informasi bahwa tersangka ada di Palembang tepatnya di kawasan kebun sayur dan dilakukan penangkapan. Namun saat akan ditangkap tersangka berusaha menyerang anggota dengan pisau miliknya sehingga anggota pun memberikan tindakan tegas,” bebernya.

Dari tangan tersangka anggota mengamankan barang bukti berupa satu bilah pisau jenis badik dan belasan keping seng yang dicuri tersangka. Pelaku akan dijerat Pasal 363 tentang Curat dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.